Cheesy Bites wanna be :D

Sudah tiga kali ini bikin cheesy bites wannabe 😀 , yang pertama gosong yang yang kedua mozanya banyak meleleh keluar 😀 jadi ceritanya masih penasaran mau bikin cheesy bites lagi tapi pengennya mozanya masih tetap banyak di dalam, dan hasil yang ketiga ini mozanya ada yang keluar tapi dikit tapi hasilnya mozanya kok cuma nempel di roti…ahhh au ah 😀 yang penting alhamdulillah jadi dan habis 😀 …ehh siapa tau teman-teman ada yang mau ngasih tau bagaimana caranya bikin cheesy bites yang oke…eh kok malah nanya 😀

karena mozanya setengah ditempel di pinggiran pizza maka yang untuk taburan cuma setengah juga, nah biar tampilannya tetap meleleh jadi ditambahlah saus putih, tapi sepertinya saya ngasih garamnya agak sedikit kebanyakan katanya ayah kembar pizzanya cenderung asin gitu 😀

meskipun banyak kurang sana sini alhamdulillah ada hikmah di setiap kejadian… #menghibur diri :D, dan ada lagi karena tidak punya paprika jadi kami menggunakan cabe lagi…hihihi

untuk resep roti dan sausnya masih sama pake yang disini dan untuk resep saus putihnya pake resep JTT yang sudah pernah saya posting juga disini.

oiya yang terpenting adalah membentuk pinggiran pizza menjadi cheesy bites yang sangat menarik untuk…di happp lalu di santap 😀 …caranya mudah sebenarnya, setelah adonan pizza diratakan lalu pinggirnya dikasih potongan keju mozarela memanjang lalu adonan yang ada di pinggir gulung ke dalam sehingga menutupi moza, pastikan menutupnya rapat, lalu potong-potong berjarak sekitar 3 cm menyamping dan sepanjang sekitar 2 cm ke dalam, lalu tata potongan tersebut mengarah ke dalam satu persatu-satu sehingga membentuk seperti cheesy bites pizza, tekan ujung potongan supaya pada saat dipanggang moza tidak banyak meleleh keluar.

untuk selanjutnya seperti biasa, tusuk-tusuk roti yang sudah ditipiskan dengan garpu, panggang setengah matang lalu beri saus merah lalu beri tpopping diatasnya, kemudian saus putih dan beri mozarela di atasnya, lalu panggang sampai matang, dan selamat mencoba 😉

demikian cerita cheesy bitesnya, semoga postingan curcol ini tidak mengganggu ya 😀

Iklan

Sayur Lombok Ijo

Sayur lombok ijo??? sayurnya cabe semua??? bukannn… 😀

Sayur lombok ijo adalah makanan khas Gunungkidul kalo lagi maen ke Gunungkidul dan makan di tempat masakan jawa yang ada di Gunungkidul, insya Allah ketemu masakan ini. Sayur lombok ijo adalah sayur berkuah santan dan di dalamnya ada tempe dan lombok ijonya, dua bahan ini yang doniman. Kalo asli orang Gunungkidul pasti sudah ahli semua masak sayur ini, di Gunungkidul ini bisa dibilang semua masakan ada lombok ijonya, mulai dari sambel goreng, sayur, daging, dll pokoknya kalo ada hajatan lombok ijo insya Allah ndak ketinggalan, ini serius lho teman-teman 😀

Kalo namanya sayur lombok ijo kok difoto ada lombok merahnya juga…ya campur-campur cabe merah dikit ndak papa yang penting yang dominan lombok ijonya, dan dikasih cabe rawit kalo pengen lebih pedes. Oiya tempenya pun bukan tempe yang balok besar gitu, tempe yang dipake adalah tempe yang dijual kecil-kecil dibungkus pake daun pisang atau daun jati. Tempe ini mudah sekali ditemui di pasar yang ada di Gunungkidul, dan biasanya dijual oleh ibu-ibu ya bisa dibilang si mbah-mbah soalnya rata-rata yang jual tempe ini adalah ibu-ibu yang sudah agak sepuh dan mereka membuat tempenya sendiri lho teman-teman…luar biasa kan…memang orang Gunungkidul ini rajin-rajin meski umurnya sudah seratus tahun kalo masih bisa ke ladang pasti mereka akan ke ladang dan disini masih banyak lho orang-orang berusia diatas 80 tahun…subhanallah ya…umur-umur mereka panjang-panjang dan masih sehat lagi…luar biasa. Kalo menggunakann tempe biasanya bisa tapi aroma tempe yang agak kecut akan muncul, dan katanya mbak yang momong si kembar, kalo menggunakan tempe biasa di goreng dulu biar ndak kecut aromanya, dan aku pernah nyoba tempenya di goreng dulu memang aroma tempe yang kecut itu berkurang tapi sayurnya warnanya agak kekuningan padahal sayur lombok ijo biasanya kuahnya cenderung putih.

dan aku yang sudah tinggal tiga tahun lebih di Gunungkidul ini mulai cinta juga sama lombok ijo 😀 , awalnya ndak biasa saja lama-lama jadi cinta…lho kok kayak syair lagu aja 😀 …jadi suka semua masakan yang berbau lombok ijo…hihihi

ndak usah lama-lama ceritanya ya…hihihi…ini Resepnya teman-teman mudah kok tinggal iris-iris tumis selesai…

Sayur Lombok Ijo

Bahan :

  • 250 gram Tempe daun potong korek api atau sesuai selera (tempe yang dibungkus daun atau bisa diganti tempe biasa tapi digoreng dulu setengah matang)
  • 100 gram lombok ijo iris tipis
  • 1 liter santan
  • 2 sdm minyak goreng

Bumbu :

  • 10 siung bawang merah iris tipis
  • 7 siung bawang putih iris tipis
  • 5 buah cabe rawit iris tipis
  • 3 lonjor petai
  • 1 sdm ebi
  • 1/2 sdt garam atau sesuai selera
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 3 cm laos
  • 2 lembar daun salam

Cara membuat :

  1. tumis bawang merah bawang putih hingga harum.
  2. masukkan cabe hijau, cabe rawit , petai, laos, ebi dan daun salam, tumis sampai cabe hijau agak layu.
  3. masukkan tempe tumis sebentar kemudian masukkan santan.
  4. Masak hingga santan mendidih, koreksi rasa dan biarkan beberapa saat hingga bumbu meresap ke dalam tempe.
  5. Sayur Lombok Ijo siap dihidangkan.

Demikian resepnya semoga bermanfaat 🙂 .

 ====Sabtu, 08112014 05:57 @ km 31,5====

Pizza Jamur dengan Kulit Pizza Oregano

Sebenarnya bingung juga mau ngasih nama pizza ini soalnya resep dan topping sama dengan Pizza Lombok Ijo yang dulu aku posting disini tapi bedanya disini ada tambahan jamur kancing tapi ndak ada jagung manis dan bedanya lagi kulit pizza menggunakan kulit pizza oregano…dan masih menggunakan lombok ijo soalnya murah meriah 😀

Pizza jamur

Kulit pizza oregano sendiri aku terinspirasi dari majalah sedap pemula yang menambahkan oregano pada adonan roti pizza, penasaran rasanya seperti apa jadi nyoba bikin dan alhamdulillah memang enak…meskipun hampir sama dengan rasa roti pizza yang biasa tapi ada penambahan aroma dan rasa dari oregano itu sendiri….hmmm bingung ngomongnya 😀 …intinya rasanya lebih berasa karena tambahan oregano…hehehe

untuk resep kulit dan saus teman-teman bisa lihat di posingan Pizza Lombok Ijo ya…karena sama persis dan memang saya suka dengan adonan ini katanya mbak wiwin secara tektur dan rasa sudah pas…

dan untuk kulit pizza oregano ini takarannya aku menggunakan sama seperti Pizza Lombok Ijo tapi ada penambahan oregano sebanyak setengah sendok makan pada adonan 250 gram tepung dan memasukkan oreganonya adalah pada waktu pencampuran adonan di awal.

dan berikut gambar kulit pizza oregano sebelum dipanggang

kulit pizza oregano

demikian cerita pizzanya semoga akan ada pizza-pizza selanjutnya…aamiin…hehehe

====Sabtu, 09082014 06:06 @ km 31,5====

Pizza Lombok Ijo

mau bikin pizza tapi ndak punya paprika, dan karena di gunungkidul ini lombok ijo berlimpah jadi nyoba bikin sama lombok ijo…ehhh ternyata enakkk pedesnya lebih terasa…kayaknya aku telat ngerti deh 😀
Alhamdulillah resep yang ini rasanya enak rotinya empuk dan bisa berpori dan alhamdulillah aku pas ngovennya….maksudnya biasanya aku suka gosong kalo ndak gitu kurang matang 😀
Pizza lombok ijo_edit

Resep asli dari mbak ricke tapi karena sukanya rotinya agak tebal…biar cepet kenyang 😀 jadi ada penambahan komposisinya….

sebelum bikin kulit kita bikin sausnya dulu ya…kalo sausnya ini sesuai selera aja…dan yg ini adalah sesuai seleraku …jadi bisa jadi seleraku berbeda dgn teman2

Buat mbak Wiwin Widiastuti terimakasih tips-tipsnya

Resep saus :

  • pasta tomat (sy 1 kaleng pasta)
  • 2 sdm saos tomat
  • buah bawang bombay, cincang
  • buah bawang putih. cicang halus
  • buah tomat potong2 dadu kecil
  • 2 sdm minyak zaitun
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 sdt oregano
  • 1 sdt daun basil
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdm gula pasir


Cara membuat saus pizza :

  1. tumis bawang putih dan bawang bombai sampai harum menggunakan minyak zaitun.
  2. masukkan tomat, pasta tomat, dan saus tomat dan masukkan bumbu2 lainnya aduk2 hingga kental dan koreksi rasanya.


Topping juga sesuai selera kita, kemarin aku menggunakan :

  • sosis
  • jagung manis
  • lombok ijo
  • keju mozarella
  • keju cheddar

Resep kulit pizzanya berikut teman-teman…

Sumber : Ricke Indriani
Modif : Lupna Diana

  • 175 gram terigu protein tinggi
  • 75 gram terigu protein sedang
  • 1 sdt ragi instant
  • 125 ml air hangat
  • 1/2 sdm gula pasir
  • 2 sdm minyak zaitun
  • 1/2 sdt garam

Cara membuat dough:

  1. Campurkan ragi instant, gula pasir dan 75 ml air hangat. Biarkan sekitar 10 menit hingga terlihat berbusa.
  2. Campurkan tepung terigu, buat lubang di tengahnya. Tuang air ragi di tengah terigu sambil diaduk rata dengan tangan.
  3. Tambahkan sisa air sedikit demi sedikit, tambahkan minyak zaitun, uleni hingga rata setengah kalis. Masukkan garam. Uleni lagi hingga kalis dan adonan licin.
  4. karena adonan tidak memakai telur dan margarin jadi adonan terasa agak sedikit liat tapi kalo dirasa terlalu liat bisa ditambahkan sedikit air sampai adonan terasa pas.
  5. Bulatkan adonan, tempatkan dalam wadah yg dioles minyak. Tutup dengan plastik wrap atau serbet. Biarkan 45 menit-1 jam hingga mengembang 2x lipat.
  6. Panaskan oven 200’C. (ovenku otang jadi aku besarin aja kompornya )
  7. Tipiskan dough sampai ketebalan sekitar 0,5 cm. Letakkan di loyang tipis yang sudah dioles minyak. Tarik dari tengah ke bagian pinggirnya, bentuk sesuai selera.
  8. tusuk-tusuk adonan dengan garpu, oven adonan sampai setengah matang (sekitar 5 menit) keluarkan dari oven.
  9. Oles saus sampai merata. taburi keju cheddar, tata sosis, jagung manis dan lombok ijo, dan taburi dengan keju mozarella.
  10. Panggang 10-15 menit sampai keju meleleh dan terlihat agak meletup-letup dan pinggiran pizza sudah berwarna kuning sedikit kecoklatan.
  11. Angkat dan sajikan hangat dengan saus sambal/saus tomat botolan sesuai selera.

semoga bermanfaat 🙂