Bubur Kacang Hijau dan Ketan Hitam

lama sekali ndak update blog, eh tapi memang blognya memang ndak sering update juga πŸ˜€ …nah untuk pemanasan kali ini bikin yang mudah-mudah dulu…iya kita bikin bubur yukkk…iya bubur kacang hijau adalah kesukaan kembar dan ayahnya…sering nyimpen di kulkas buat stok tapi belum sempat motret dan nulis di blog…jadi sekarang waktu yang tepat daripada blognya sepi πŸ˜€

lama ndak ngeblog jadi bingung juga mau nulis apaan :D…yuk ahhh berikut resep bubur kacang hijau dan ketan hitamnya, mudah dan enakkk…

RESEP :

Bahan Bubur Kacang Hijau :

  • 250 gram kacang hijau (rendam semalaman)
  • 100 gram gula merah
  • 5 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdt tepung tapioka ditambah sedikit air dan aduk rata
  • air untuk merebus secukupnya
  • 2 lembar daun pandan

Bahan Bubur Ketan Hitam :

  • 250 gram ketan hitam (rendam semalaman)
  • 125 gram gula merah
  • 5 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdt tepung tapioka ditambah sedikit air dan aduk rata
  • air untuk merebus secukupnya
  • 2 lembar daun pandan

Cara membuat :

Rebus kacang hijau/ketan hitam yang sudah direndam bersama daun pandan hinggaΒ kacang hijau/ketan hitam agak empuk, kemudian masukkan gula merah, gula pasir, dan garam tunggu hingga kacang hijau atau ketan hitam benar-benar empuk, apabila air sudah mau habis tapi masih belum empuk bisa ditambahkan air lagi, apabila sudah empuk, koreksi rasa, dan masukkan cairan tepung tapioka sedikit demi sedikit hingga agak kental dan koreksi rasa lagi.

KUAH SANTANΒ  (masak semua secara bersamaan dan aduk hingga mendidih dan agak kental) :

  • 500 ml santan dari satu butir kelapa
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan

 

Ketan Bubuk

dari kecil senang sekali ketan bubuk ini…jadi betapa pengennya membuat sendiri karena pasti bisa makan sepuasnya jika membuat sendiri πŸ˜€

ketan bubuk

dan akhirnya mencoba…yang masak mbak-mbak yang momong si kembar dan masaknya cuma dikukus aja jadinya ketannya masih keras…aku cuma cerita aja caranya begini dan begini…akhirnya googling2 ketemu resep2 ketan bubuk banyak…dan rata-rata dari step itu pertama ketan di kukus kemudian di karu pake santan dan dikukus lagi…dan alhamdulillah rasanya enak meskipun di awal-awal kadang kurang asin atau keasinan…hehehe…tapi lama2 rasanya stabil…emang masak ketannya tiap hari?? iya…hehehe…beberapa waktu yang lalu nyoba jualan ketan bubuk di koperasi…biar mbak-mbak yang momong si kembar ada kesibukan pas ditinggal kembar sekolah…tapi sekarang masih libur jualannya πŸ˜€ …alhamdulillah dapat asisten rumah tangga yang baik sehingga sayang kalo mereka sampai keluar soalnya mereka seperti saudaraku kalo disini…maklum di perantauan…aihhh gayanya kayak melas banget πŸ˜€ …ndak kok teman meski rindu dengan keluarga sering melanda…alhamdulillah aku bahagia sekali disini…iya saya bahagia tinggal di gunungkidul bersama suami dan anak-anak tentunya πŸ™‚ …bersama mereka adalah kebahagiaan yang tak ternilai…alhamdulillah πŸ™‚

ketan bubuk

dan akhirnya aku masak bareng sama mbaknya biar takarannya pas alias biar takarannya stabil…kalo berdasarkan kira-kira takutnya malah jadi faktor keberuntungan…kalo beruntung enakkk kalo kalo pas kebablasan ngasih garam selamat anda mendapat keasinan πŸ˜€

ada yangΒ  belum tau ketan bubuk belum ya??…ketan bubuk adalah ketan yang ditaburi kelapa parut dan bubuk kedelai ada juga yang menggunakan bubuk kedelai dicampur kacang tanah tapi aku lebih suka bubuk kedelai saja…rasanya ??? hmmm…enakkk gurih…ketannya lembut karena dikaru pake santan dan gurih tentunya ditambah bubuk kedelai dan kelapa parut…hmmmm tambah enakkk…pokoknya patut dicoba deh…dan bubuknya ini karena kering alhamdulillah bisa tahan sampe 2 minggu…kalo selebihnya aku ndak tau…soalnya aku pernah nyimpennye sekitar 2 mingguan itu…dan rasanya belum berubah…jadi kalo bubuknya masih ada bisa disimpan ditempat kering dan bikin ketan lagi masih bisa dipake asal rasadan tampilannya tidak berubah ya teman πŸ™‚

dan berikut resepnya :

KETAN BUBUK

Bahan :

  • 500 gram ketan (rendam 2 jam)
  • 400 ml santan
  • 3/4 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan

Bahan Bubuk :

  • 100 gram kedelai
  • 2 siung bawang putih
  • 2 buah daun jeruk
  • 3 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt garam

Bahan Taburan :

  • Kelapa parut secukupnya dan kukus 5 menit (supaya kelapa tidak cepat basi)

Cara membuat :

  1. Cara membuat bubuk kedelai : sangrai kedelai, bawang putih dan daun jeruk sampai kedelai kering dtandai dengan kedelai menjadi renyah tapi jangan sampai gosong, dinginkan, dan haluskan kedelai, bawang putih dan jeruk yang telah disangrai bersama dengan gula pasir dan garam sampai halus (sy menggunakan blender)
  2. Cara memasak ketan : kukus ketan 20 menit, didihkan santan bersama garam dan pandan, kemudian masukkan ketan yang sudah dikukus kedalam santan panas sambil diaduk-aduk, diamkan 10 menit dan kukus lagi 30 menit.
  3. Penyajian : ambil ketan secukupnya taburi kelapa parut kemudian taburi dengan bubuk kedelai.
  4. dan ketan bubuk siap dinikmati πŸ˜‰

kedelai

ketan bubuk

ketan bubuk

alhamdulillah ketan bubuk ini awet…pagi sekitar jam 9-10 ditaruh mika-mika kecil dan sudah dikasih kelapa dan bubuk kedelai diatasnya…dan alhamdulillah sampai sore sekitar jam 18:00 masih enak rasanya…jadi bisa jadi alternatif untuk berjualan ini teman…karena bubuknya bisa awet dan bikin ketannya pun mudah…sippp selamat mencoba πŸ˜‰