Cilok

Siapa sih yang ndak suka cilok mulai anak-anak sampai ibu-ibu makanan ini begitu populer…buktinya aku…mulai masih sekolah sampai jadi emak-emak pun masih suka dengan cilok ini 😀 …tapi ya ndak semua orang seperti aku…hihihi

dulu pas dibilangin kalo cilok itu cuma tepung kanji atau tapioka aku ndak percaya masak sih ndak ada dagingnya sama sekali, aku pikir cilok itu miniatur bakso jadi mesti ada daging-dagingnya, dulu pernah bikin cilok tapi aku kasih daging, sebenarnya cilok dikasih daging juga ndak papa sih ya teman-teman..hihihi…tapi masalahnya aku pengen bikin cilok seperti yang dijual di sekolah-sekolah itu. Suatu saat pernah baca resep cilok sekilas dan isinya cuma tepung sama bumbu aja…masih tetep ndak percaya masak sih…karena penasaran akhirnya aku googling resep cilok yang versi foodie blogger dan ketemu lah resep mbak nina yang asalnya dari mbak ricke …terimakasih mbak ricke dan mbak nina 🙂 ….dan ternyata memang bener cuma dari tepung dan bumbu…hehehe…dan akhirnya bikinlah cilok…waktu itu bikin setengah dari resep mbak nina jadi sekali matang langsung habis di makan berempat sama kembar, ayah kembar dan bundanya juga ikut donk 😀

kemarin punya bumbu kacang di kulkas…karena bumbu sudah ada maka tinggal nyari temannya bumbu 😀 …jadi bikin cilok aja deh kan sudah lama ndak bikin cilok lagi…pasti si kembar suka…dan alhamdulillah pas bikinnya kembar antusias banget lihat bundanya bikin cilok…masak atau bikin kue itu sangat menyenangkan apalagi kalo kembar dan ayahnya suka…rasanya kebahagiaan yang tak ternilai…alhamdulillah…luuvvv uu all sayang… 🙂

tapi sayang kemarin pas bikin bumbu ndak pake takaran cuma maen masuk-masukin aja, ternyata kebiasaan males menakar bahan masih nempel 😀 ….klo masak memang aku agak kurang tertib maen masuk-masukin aja…dan sepertinya ibu-ibu yang lain juga begitu ya kalo masak pake feeling jadi takaran sudah hafal di luar kepala 😀 …maksudnya yang sudah hafal ibu-ibu yang lain kalo aku belummm seperti mereka…kadang-kadang contekan masih kuperlukan 😀

dan berikut resep ciloknya aku copas dari blog mbak nina dan ada sedikit adapatasi dariku…

C I L O K

Bahan :

  • 150 gr tepung tapioka
  • 200 gr tepung terigu serbaguna
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1,5 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1/4 sdt gula pasir (yang ini aku kelupaan 😀 )
  • 400 ml air
  • air secukupnya untuk merebus

Bahan Sausa kacang  (maaf ndak ada takarannya 😀 ) :

  • kacang tanah goreng hingga matang dan haluskan
  • cabe merah haluskan
  • bawang putih haluskan
  • garam
  • gula pasir
  • merica bubuk
  • daun salam
  • saus tomat
  • saus sambal
  • kecap manis
  • air secukupnya

Cara membuat saus kacang :

masak secara bersamaan kacang goreng, bawang putih, cabe merah, garam, merica, gula pasir, dan air  masukkan daun salam dan masak hingga berminyak, tambahkan saus tomat, saus sambal, dan kecap manis, dan jangan lupa koreksi rasa, jika rasa sudah pas dan tekstur kekentalannya sudah cukup matikan api dan saus kacang siap dihidangkan.

Cara Membuat  cilok :

  1. Campur dan ayak tepung sagu dan tepung terigu. Tambahkan daun bawang, aduk rata dan sisihkan.
  2. Panaskan air, tambahkan bawang putih halus, kaldu bubuk, garam, merica bubuk dan gula pasir. Masak hingga mendidih dan angkat dari api. (tapi tadi aku bikinnya yang bubuk2 langsung aku campur dengan tepung kering 😀 )
  3. Tuang air kaldu panas-panas sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung sambil diaduk rata dan diuleni menggunakan sendok kayu. Uleni hingga elastis dan bisa dipulung. Jangan berpatokan pada jumlah air kaldu pada resep ya, hentikan penambahan air bila adonan dirasa sudah cukup kalis. Jika adonan terlalu lembek bisa ditambah tepung sedikit. Apabila adonan masih kering bisa ditambahkan air lagi.
  4. Pulung adonan dan bentuk bulat kecil. Masukkan cilok ke dalam air panas dan lakukan hingga habis.
  5. Rebus cilok dalam air mendidih hingga mengapung. Biarkan direbus agak lama setelah cilok terlihat mengapung, kurang lebih selama 10-15 menit. Angkat dan tiriskan.
  6. Masukkan cilok ke dalam wadah kemudian kukus sampai benar-benar matang dan empuk. (tapi tadi aku ndak pake tak kukus lagi 😀 )
  7. Angkat dan siap disajikan hangat dengan saus kacang atau saus tomat.

oke selamat mencoba 😉

Iklan

Cireng Enak dan Mudah

Sebelum memasuki bulan Ramadhan kemarin sempat beli cireng pas ke jogja…ternyata cireng original yang dijual itu kalo pas masih anget teksturnya reyah diluar, empuk dan kalo ditarik mudah ndak alot sampai-sampai warnanya kelihatan bening dan tentunya rasanya enak, sempat penasaran ini pake tepung apa y…kalo pake tapioka kok ndak alot dan tekstur luarnya bisa renyah…

cireng enakkk

Alhamdulillah penasaran terbayar tiba-tiba pas buka tabloid kuliner ada Liputan tentang cireng yang disertai resepnya, dan karena penasaran dan kayaknya resepnya patut dicoba…jadi deh percobaan dilakukan…dan alhamdulillah rasanya memang sudah mirip yang dijual tapi punyaku warnanya kurang bening dalamnya tapi kalo tekstur insya Allah sudah mirip…kalo warna kurang bening mungkin karena jenis tepung tapioka yang dipake berbeda udah gitu aku pake tambahan bumbu serba guna yang warnanya orange…jadi warnanya kurang bening…

dan ada sayangnya lagi…sayangnya saking semangatnya aku lupa kasih bawang putih…hahaha…udah gitu kayaknya ngaduknya kurang rata jadi kata ayah kembar pernah kebagian yang kurang asin 😀 …

Resep asli dari tabloid Info Kuliner dan resep ini dari Pengusaha Cireng Meilan’s Shop…karena di tabloid tertulis tepungnya 500 gram…maka ada perubahan sedikit dalam resep yang kucoba…

dan berikut resep sesuai dengan resep yang kucoba…

Bahan :

  • 200 gram tepung tapioka
  • 1 siung bawang putih yang besar (yg ini kemarin kelupaan 😀 )
  • 1 batang daun bawang dirajang kecil
  • 1 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 200 ml air mendidih

Cara membuat :

  1. campurkan tepung tapioka dengan semua bahan kecuali air, aduk sampai rata.
  2. tuangi dengan air mendidih sedikit demi sedikit sambil diaduk terus menggunakan sendok sampai adonan kental.
  3. ambil sekitar satu sendok makan adonan, pulung-pulug adonan dengan bantuan sendok yang lain (menggunakan dua buah sendok). Taruh diatas tepung tapioka balut hingga rata dan tidak lengket.
  4. dan adonan siap di goreng atau bisa disimpan di freezer untuk cireng frozen.
  5. goreng sampai matang dan cireg siap disajikan.

Hasil : 14 buah cireng berukuran sedang (seperti cireng yang dijual dipasaran)

pas aku nyoba cirengnya tak masukin freezer dulu karena sambil nunggu waktu berbuka dan kayaknya digoreng langsung juga enak 🙂

demikian teman-teman resepnya cirengnya semoga bermanfaat… 🙂

====Sabtu, 05072014 06:07 @ km 31,5====

Cireng Krispi

Pengen bikin sesuatu tapi yang bikinnya cepet dan semuanya suka…hmmm…bikin apa ya…tiba-tiba kepikiran resep cireng mbak fa yang aku ingin coba tapi belum dicoba-coba 😀

Cireng

alhamdulillah bikinnya cepet beneran dan habisnya juga cepet:D…mungkin bikinnya kurang banyak 😀

sampe-sampe si kembar jatahnya ndak mau diminta ayah bunda 😀

resep cireng NCC ini dari mbak Fah Umi Yasmin…makasih mbak fa sudah share resepnya

Cireng ala Dapur Larisa

Modif : Fah Umi Yasmin

Bahan biang:

2 sdm munjung sagu tani / kanji
1 sdm munjung terigu
100 ml air matang
1 helai daun bawang diiris kelupaan }
1/4 sdt lada
1/2 sdt kaldu bubuk { saya pake 1/4 }
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula tambahan dari mbak fa
1 siung bawang putih dihaluskan

2 sdm sagu / kanji untuk membalut adonan cireng

Cara membuat:

Adonan Biang

Campur sagu & terigu, air aduk rata sampai licin, masukkan bumbu2, jerang / masak diatas kompor, aduk terus sampai menjadi lem.

Ambil adonan cireng, balut rata dengan sagu / kanji, sambil bentuk agak kriting2 / kriwil2.

Oya, pulungannya jangan terlalu tipis nanti jadi terlalu berminyak.

Goreng di minyak panas, dengan api sedang sampai matang.