Maen ke Gunungkidul Yuks…

gunungkidul_upload

Alhamdulillah sudah 4 tahun tinggal di Gunungkidul dan sekarang saya akan mengajak teman-teman untuk sedikit jalan-jalan dan mengenal Kabupaten Gunungkidul…iya sih saya baru mengenalnya tapi tak ada salahnya kan kalau saya mengenalkan Daerah sekarang yang saya tinggali ke teman-teman semua…yuks siap-siap yuk jalan-jalan sehari di Gunungkidul….

Tak kenal maka tak sayang jadi saya kenal kan dulu sekilas tentang Gunungkidul ya…

Gunungkidul adalah salah Kabupaten yang berada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan Ibukotanya Wonosari. Kota Wonosari terletak di sebelah tenggara Kota Yogyakarta, dengan jarak + 39 km.

Batas Wilayah Gunungkidul :
Sebelah Barat : Kabupaten Bantul dan Sleman (Propinsi DIY)
Sebelah Utara : Kabupaten Klaten dan Sukoharjo (Propinsi Jawa Tengah)
Sebelah Timur : Kabupaten Wonogiri (Propinsi Jawa Tengah)
Sebelah Selatan : Samudra Hindia
( Sumber : http://gunungkidulkab.go.id)

Kesan pertama tinggal di daerah ini adalah orangnya ramah, disini masih berlaku Sapa Senyum Salam kepada semua orang ketika kita berpapasan dengan orang lain…dan ketika saya baru datang disini sempat bingung juga karena saya terbiasa menyapa dengan orang yang saya kenal saja 😀 dan hal yang lain berkesan adalah penduduk Gunungkidul orangnya pekerja keras meskipun usianya sudah lanjut atau sudah mbah-mbah tetap saja mereka rajin ke ladang dan biasanya mereka masih mencari rumput untuk ternaknya…Subhanallah mungkin saya pun belum tentu bisa melakukannya…semoga kerja keras mereka mendapat balasan dari Allah SWT…aamiin…dan mungkin karena hal itu juga, karena mereka rajin ke ladang dan sering beraktifitas sehingga di Gunungkidul masih banyak orang yang sudah lanjut usia tapi tetap sehat, usia si mbah-mbah bisa mencapai umur seratusan tahun bahkan ada yang lebih…Subhanallah…

Sekarang kita membahas makanan khas Gunungkidul, sebenarnya kalo membicarakan makanan khas Gunungkidul banyak sekali ya tapi disini saya akan menceritakan beberapa saja ya teman…disini saya akan menceritakan tentang sambal bawang, sambal bawang adalah sambal terbuat dari cabe, bawang putih dan sedikit garam…teman-teman mau tau rasanya seperti apa…rasanya maknyos pedesnya dan hal itulah yang membuat nasi cepet habis 😀 dan karena bahannya gampang coba sekarang yuks insya Allah di dapur kita ada bahannya 😉 …mungkin banyak sambal bawang di daerah laen atau sambel serupa tapi yang membuat sambal bawang disini beda adalah kebiasaan orang-orang Gunungkidul untuk makan bersama tetangga dengan menu sambal bawang ini, sehingga istilah “Nyambel Bawang” adalah idetik dengan makan bersama…untuk makan bersama menunya tidak harus banyak tapi yang terpenting adalah sambal bawang…biasanya mereka makan di depan rumah bersama tetangga dan setiap keluarga membawa makananannya sendiri dan dimakan bersama-sama…bagaimana teman…menyenangkan bukannn…

sambel bawang

Makanan khas yang lain adalah Sayur Lombok Ijo…makanan ini hampir selalu ada di setiap acara-acara atau di warung-warung masakan jawa di Gunungkidul, jadi kalo pas makan di Gunungkidul jangan lupakan sayur ini ya teman…rasanya enak gurih dan sedikit pedas meskipun banyak cabenya rasanya ndak terlalu pedes kok tapi ada juga yang pedes sekali ya sesuai selera yang masak juga sih…tapi bener deh yang ini juga bikin tambah nasi 😀 dan jika berminat resepnya disini ya teman 🙂

Sayur Lombok Ijo

Setelah kenal sedikit tentang Gunungkidul sekarang waktunya kita jalan-jalan menikmati daerah ini…

Ayam Bakar Mbak Lies

Ayam Bakar Mbak Lies

Yang pertama saya akan mengajak teman-teman menikmati kuliner Gunungkidul…lebih tepat ini adalah kuliner favorit saya di sini 😀 …saya akan mengajak teman-teman menikmati “Ayam Goreng dan Bakar Mbak Lies”, seperti namanya di sini menunya hanya terbatas ayam goreng dan ayam bakar dan minuman ringan, tempatnya sederhana, bangunannya adalah rumah joglo yang disulap jadi rumah makan, tapiiii soal rasa jangan tanya deh…hmmm…juaraaa…ayamnya empuk dan gurih…oiya ciri khas lain dari ayam ini adalah rasanya agak manis atau yang disebut ayam goreng bacem atau ayam goreng manis, memang disini di Gunungkidul atau di sekitar Yogyakarta ayam gorengnya rata-rata dimasak bacem begini…tapi beneran ayam Mbak Lies ini benar-benar enakkk…empukk dan gurih dan harganya standar, dan ayam yang digunakan ayam kampung lho teman-teman…rumah makannya memang terlihat tidak terlalu ramai tapi disini lebih sering menerima pesenan nasi kotak…tuhhh lihat saja banyak tumpukan kardus nasi disini…untuk nasi satu paket (ayam + nasi + sambal + lalapan + minum) harganya 21 ribu untuk ayam goreng dan 22 ribu untuk ayam bakar, tapi kalo nasi kotak 16 ribu untuk ayak goreng dan 17 ribu untuk ayam bakar…gimana murah kannn…jadi kalo maen ke Gunungkidul dan belum bawa bekal sepertinya Ayam Mbak Lies ini bisa jadi pilihan…gimana teman pengen segera ngincip ayam ini kan…ini alamatnya Ayam Mbak Lies Jl.Veteran No. 49 Wonosari nomor HP 087839331925…

Ayam Goreng Mbak Lies

Ayam Goreng Mbak Lies

Suasana di Rumah Makan Mbak Lies

Suasana di Rumah Makan Mbak Lies

Habis makan kenyang sekarang waktunya kita jalan-jalan ya…

Selanjutnya saya akan mengajak teman-teman jalan-jalan ke pantai karena di Gunungkidul ini banyak pantai yang indah yang patut dikunjungi…so lets go…namun sebelum jalan-jalan saya kasih info tentang akses jalannya ya…untuk menuju Pantai di Gunungkidul dari Yogyakarta maka kita akan melewati jalan Jogja-Wonosari…dan pengen tahun jalannya seperti berikut fotonya…jalannya lebar dan mulus kannnn…

jalan jogja wonosari upload

Jalan Jogja Wonosari

Setelah di jalur Jogja Wonosari, untuk menuju kawasan pantai sendiri ada dua jalur yang bisa kita pilih yang pertama kita lewat Wonosari dan Jalur yang ke dua kita bisa lewat Kecamatan Playen dan saya lebih menyarankan lewat yang Jalur Playen karena jalannya lebih lebar dan tidak terlalu berkelak kelok sehingga aman bagi orang yang mabuk kendaraan seperti saya 😀 , dan berikut foto jalur yang lewat Playen…foto ini diambil sekitar 5 km sebelum kawasan pantai…lebarr kannn…memang di dekat lokasi pantainya tidak selebar ini tapi insya Allah aksesnya mudah hingga ke pantai…

jalan pantai_upload

Jalan Menuju Kawasan Pantai

Oiya ngomong-ngomong ada yang pengen tahu ndak saya ke pantainya naek apa…sepertinya ndak ada yang pengen tahu ya 😀 …jadi ceritanya kita berempat (saya, ayah kembar dan si kembar) naek motor…iya kan memang punyanya motor jadi harus disyukuri bukan 😀 …Alhamdulillah sudah punya motor 🙂 …dan pas lewat di Jalur Playen ini tiba-tiba ada mobil lewat wuzzzz….keren banget nie mobil dan ternyata setelah dilihat itu mobil namanya Toyota Agya…warnanya putih dan kerenn bingitts dan langsung deh meluncur ke websitenya dan seperti inilah fotonya…kerennn kan…dan katanya mobil ini irit bahan bakar lagi…sepertinya mobil ini cocok untuk keluarga kecil bahagia seperti kami…ngareppp 😀

Toyota Agya

Toyota Agya

Oke teman tentang mimpi saya sepertinya harus dibahas dengan suami ya 😀 …dan kita lanjutkan jalan-jalannya…

Pantai pertama yang akan kita kunjungi adalah pantai pulang sawal atau dikenal juga dengan nama Pantai Indrayanti…Gunungkidul memiliki beberapa pantai sekitar 10 pantai dan yang paling terkenal adalah Pantai Pulang Sawal ini terlihat dari pengunjungnya yang banyak dibandingkan pantai yang lain…

Pantai Pulang Sawal a.k.a. Pantai Indrayanti

Pantai Pulang Sawal a.k.a. Pantai Indrayanti

Oiya tadi lupa ngasih info ya…bahwa untuk masuk ke pantai d Gunungkidul kita kena biaya sepuluh ribu per orang untuk memasuki 8 pantai di Gunungkidul diantaranya pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal, Sundak, Pulang Sawal dan Poktunggal…gimana murah bukan…cukup sepuluh ribu dan kita bisa maen sepuasnya di beberapa pantai…

Dan sekarang kita lanjut ceritanya tentang pantai pulang sawal, pantai ini lumayan panjang dibandingkan pantai yang lain tapi diantaranya terdapat bukit dan dilanjut pantai lagi…di pantai ini ada yang bagian sepi ada yang ramai penunjung…karena di Gunungkdul adalah Laut Selatan sehingga rata-rata pantai mempunyai ombak agak besar dan bibir pantainya tidak terlalu panjang sehingga kita harus hati-hati apalagi yang membawa anak kecil maka mendingan main pasirnya yang agak minggir aja biar aman buat si kecil…untuk anak remaja banyak juga yang main di pinggir pantai tapi tetap kita harus hati-hati ya teman 🙂

Pantai Pulang Sawal a.k.a. Pantai Indrayanti

Pantai Pulang Sawal a.k.a. Pantai Indrayanti

di pantai ini sudah dikelola dengan baik sehingga pantai nampak bersih dan pantai ini lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti karena disana terdapat restoran Pantai bernama Indrayanti dan di pantai ini juga sudah banyak yang berjualan makanan di pinggir pantain bahka suvenir khas pantai ini sudah banyak bermunculan.

Si kembar maen di Pantai Pulang Sawal

Si kembar maen di Pantai Pulang Sawal

 

Setelah ke Pantai Pulang Sawal sekarang kita jalan ke Pantai Drini yuks…

Nah di pantai Drini pengunjungnya tidak sebanyak pantai Pulang Sawal dan pantainya tidak sepanjang di Pulang Sawal juga tapi disini ada bagian pantai yang memiliki ombak yang tenang bisa dibilang ombaknya kecil sekali karena ada bagian pantai yang terhalang tebing jadi bukan pantai yang lepas…jadi yang di bagian ini aman untuk bermain dengan anak-anak dan ada juga bagian pantai yang ombaknya besar…kita tinggal pilih mau maen dimana…dan enaknya lagi di pinggir pantai banyak gazebo yang disediakan oleh warung-warug yang menjual makanan dan minuman ringan jadi kita bisa menikmati pantai dengan ditemani es degan atau segelas pop mie…gimana enakkk bukan…serasa punya pantai sendiri gitu….asikkk deh pokoknya…

Pantai Drini yang mempunyai ombak tenang

Pantai Drini (salah satu sudut yang mempunyai ombak tenang)

Pantai Drini (Sudut yang memiliki ombak yang agak besar)

Pantai Drini (Sudut yang memiliki ombak yang agak besar)

Gazebo di pinggir Pantai Drini

Gazebo di pinggir Pantai Drini

drini square_1_upload

Pantai Drini

Sementara dua dulu ya teman pantai yang kita kunjungi mudah-mudahan lain kesempatan bisa cerita pantai yang lain ya…aamiin…

Habis dari pantai sekarang kita makan lagi yuks pasti sudah lapar 😀
Setelah main air di pantai pasti pengen yang hangat-hangat ya…dan saya akan mengajak teman-teman menikmati kuliner Gunungkidul yang begitu mendunia 😀 …yak…betul…Bakmi Jawa…ada yang belum kenal bakmi jawa…bakmi jawa adalah bakmi yang dimasak dengan kaldu ayam dan dilengkapi sayuran seperti kol, tomat, suwiran ayam…dan pasti pake ayam kampung dong, pake kaldu dan daging ayam kampung…hmmm…enakkk…

bakmi jawa_upload

Bakmi Jawa

Penjual Bakmi jawa banyak sekali ditemui di Gunungkidul hampir di sepanjang jalan di kanan kiri ada dan jaraknya ndak terlalu jauh…ciri khas dari Penjual Bakmi Jawa adalah rombong dengan gantungan ayam kampung…jadi kalo di pinggir jalan ada rombong yang menggantung ayam bisa dipastikan Bami Jawa dijual disana…dan rata-rata mereka mulai berjualan mulai magrib sampai malam…dan karena memang disini banyak yang jualan jadi rasanya pun hampir sama menurut saya dan bisa dibilang rata-rata enak…jadi jangan ragu untuk mampir ke warung bakmi jawa ya teman 😉 dan bagi yang berminat resepnya disini ya teman :)…oiya lupa harga bakmi jawa rata-rata sekitar 10 ribu rupiah…murahhh kannn..hangattt dan enakkk 😉

Jalan-jalan sudah…makan juga sudah…sekarang kita beli oleh-oleh yuks..

Untuk membeli oleh-oleh di Gunungkidul tidak usah bingung sekarang banyak Toko Oleh-oleh bermunculan di Daerah Gunungkidul, mereka menyediakan makanan khas disini seperti Belalang Goreng, Gatot, Tiwul, Geplak, Bakpia dan masih banyak makanan lainnya…jadi jangan bingung bawa oleh-oleh apa dari sini karena kita bisa menemukannya hampir di sepanjang jalan Jogja Wonosari…sipp kannn 😉

Salah satu toko oleh-oleh di Jalan Jogja Wonosari

Salah satu toko oleh-oleh di Jalan Jogja Wonosari

Hmmmm…tak terasa kita sudah jalan-jalan seharian…jalan-jalan lewat cerita 😀 …oke teman mudah-mudahan ceritanya bermanfaat ya…bisa jadi gambaran kalo mau maen ke Gunungkidul yang pasti kuliner yang saya sebutkan tadi sayang untuk dilewatkan…tapi Gunungkidul bukan hanya yang saya ceritakan di atas tentunya…karena tidak mungkin satu Daerah saya rangkum dalam satu halaman…masih banyak cerita keindahan Gunungkidul…so teman…datang dan buktikan keindahannya 😉

 

Iklan

Nutrisari W’dank Bajigur dan Petulo

Indonesia kaya akan budaya termasuk kulinernya semakin membaca buku resep semakin tidak tahu…hihihi…lha iya ternyata setiap daerah punya makanan khas sendiri…dan sepertinya saya telat banget ngerti 😀

Dalam cerita kali ini pun saya akan menceritakan dua makanan yang berasal dari dua daerah yang berbeda yaitu bajigur dan petulo…

bajigur_6

Bajigur…minuman ini asli jawa barat dan saya baru mengenalnya…hihihi…karena ada Nutrisari W’dank Bajigur dan karena saya pengen mencobanya jadi mencoba yang instan dulu karena yang pasti lebih praktis…hihihi…dan ternyata rasa Nutrisari W’dank Bajigur enak dan gurih dan begitupun aromanya juga menunjukkan kegurihannya…dan tidak hanya itu saja disimpan di kulkas…hmmm…tambah enakkk…seger dan gurih…dan si kembar pun berebut menghabiskannya 😀 …pas bunda mau ngambil bajigur yang di kulkas…dan melihat sudah tidak ada kagett juga…lho kemana bajigurnya…ehhh ternyata kembar cerita kalo sudah dihabisin 😀

bajigur_4

dan dari dulu pengen bikin petulo/putu mayang …kalo di jawa timur namanya petulo dan penyajiannya pake saus santan tapi ada juga yang menyebut putu mayang…kalo membaca ulasan di blog mbak Diah Didi kalo di Jawa (mungkin maksud mbak Diah Didi Jawa Tengah) ada putu mayang tapi penyajiannya pake kelapa parut bukan pake saus santan jadi semacam getuk lindri yang atasnya dikasih kelapa parut…tuhh kan makanan yang hampir sama tapi penyajiannya berbeda ternyata punya nama sendiri-sendiri dan asal daerahnya pun berbeda…betapa kaya Indonesia ini ya…dan apapun namanya petulo itu…enakkk…hihihi dan saya cinta Indonesia 😉

putu mayang_1

dan mumpung ada Nutrisari W’dank Bajigur kan bisa jadi sausnya tanpa harus repot membuatnya…jadi tanpa ragu bikinlah petulo…dan setelah bikin petulo langsung bikin bajigur…makan petulo di tambah kuah bajigur hangattt itu enakkk…dan karena pengen yang seger bajigurnya disimpan di kulkas dan setelah dingin makan petulo lagi pake kuah petulo dingin…enakkk juga….hihihi

dan berikut resepnya yang saya dapat dari Majalah Sedap :

Petulo / Putu Mayang :

Bahan :

  • 300 gram tepung beras
  • 4 ½ sdm gula pasir
  • 1 ½ sdt garam
  • 100 gram tepung tapioka
  • 575 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 2 tetes pewarna merah muda
  • 2 tetes pewarna hijau muda

Bahan Saus :

  • 3 sachet Nutrisari W’dank Bajigur
  • 450 ml air panas

Cara membuat :

  1. Masak Tepung beras, gula pasir, garam dan santan diaduk sampai menggumpal. Tambahkan tepung tepung tapioka sambil diuleni.
  2. karena saya menggunakan piping bag untuk mencetak maka adonan ini kurang lembek sehingga berat untuk dicetak maka saya menambahkan air lagi pada adonan sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan mudah untuk dicetak tapi jangan terlalu lembek, setelah ditambah air adonan menjadi agak lengket tapi mudah dicetak.
  3. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Satu bagian diberi warna merah. Uleni rata. Satu bagian diberi warna hijau muda, uleni rata. Satu bagian lagi biarkan tanpa warna.
  4. Masukkan adonan ke dalam cetakan petulo/putu mayang (saya menggunakan piping bag yang digunting kecil diujungnya). Tekan di atas daun pisang.
  5. Kukus di atas api sedang 10 menit hingga matang.
  6. Saus : seduh Nutrisari W’dank Bajigur dengan air panas.
  7. Sajikan petulo/putu mayang bersama Saus Bajigur.

putu mayang

Demikian resepnya ya teman-teman semoga bermanfaat dan keluarga suka ya…

bajigur_2

dan saya senang dengan inovasi dari Nutrifood ini…ya karena dengan adanya minuman tradisional dalam kemasan, mudah di dapat dan mudah dibawa kemanapun dan tahan lama, maka tentunya juga akan mudah memperkenalkan minuman tradisional ini ke Mancanegara…sukses buat Nutrifood dan sukses buat kita semua…aamiin…. 😉

Tropicana Slim Alergon Cookies

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya, termasuk saya ya meskipun kadang saya tidak masak karena kelelahan…padahal juga ndak ngapa-ngapain ndak tau kenapa kalo sudah kecapekan jadi cooking blue 😀 …meskipun cooking blue tapi sebenarnya dalam hati saya tetap ingin membuatkan masakan untuk keluarga tercinta ya meskipun kadang beli diluar juga sih…hehehe…tapi minimal saya menginginkan suami dan anak-anak lebih suka dan nyaman masakan di rumah…karena jelas masakan di rumah pasti lebih berkualitas karena kita akan menggunakan bahan-bahan pilihan dan kita bisa mengetahui setiap tahapan prosesnya dan yang pasti masakan dirumah dibuat dengan cinta…cieeee cieee 😀 …dan cara saya membuat makanan sehat salah satunya sebisa mungkin tidak menggunakan MSG…karena kami kadang masih beli masakan di luar yang sepertinya kebanyakan menggunakan MSG, maka kami usahakan masakan di rumah tanpa mengunakan MSG…dan saya selalu berusaha menggunakan bahan-bahan makanan yang berlabel halal…ya ini sangat penting sekali bagi kami 🙂

alergon_1

Eittts kembali ke laptop 😀 bahwa semua orang tua menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya, kini telah hadir Tropicana Slim Alergon Cookies yang kaya manfaat karena menggunakan bahan-bahan pilihan dan terbuat dari tepung beras dan tepung singkong. Tropicana Slim Alergon Cookies aman untuk anak-anak dan semua keluarga karena cookies ini bebas gluten dan bebas bahan pemicu alergi.

alergon

Untuk anak-anak kenapa harus memilih cookies ini ya karena Tropicana Slim Alergon Cookies ini adalah snack sehat yang bebas pengawet dan bebas gula pasir karena menggunakan gula buah sehingga Tropicana Slim Alergon Cookies bisa jadi pilihan kita dalam memberikan cemilan sehat ke buah hati…dan Alhamdulillah si kembar juga suka…bunda pun gembira 🙂

Selain cemilan sehat untuk buah hati Tropicana Slim Alergon Cookies juga aman di konsumsi untuk ibu hamil dan menyusui, karena dalam kondisi hamil dan menyusui pasti kita harus menjaga asupan makanan yang masuk ke tubuh kita demi menjaga kesahatan bayi dan kenapa kita memilih Tropicana Slim Alergon Cookies ya karena dalam alergon cookies tidak mengandung bahan pengawet…jadi nanti kalo saya hamil lagi berarti Tropicana Slim Alergon Cookies salah satu cemilan rekomended nih…hihihi…mudah-mudahan segera ya…aamiin…lah kok malah curhat 😀

alergon_2

Tropicana Slim Alergon Cookies juga aman dikonsumsi oleh orang yang alergi terhadap bahan makanan tertentu karena Tropicana Slim Alergon Cookies bebas gula pasir karena menggunakan gula buah, bebas gluten, susu, telur, kacang, pengawet, dll sehingga tidak menyebabkan reaksi alergi tertentu bagi yang sensitiv terhadapnya.

Dan tentunya Tropicana Slim Alergon Cookies bersertifikasi halal MUI sehingga insya Allah tidak diragukan lagi kehalalannya…

alergon_3

Ya karena Tropicana Slim Alergon Cookies ini begitu banyak manfaatnya dan aman untuk semua jadi sepertinya jika membutuhkan cookies sehat untuk keluarga dan kita belum sempat membuatnya sendiri sepertinya Tropicana Slim Alergon Cookies bisa menjadi pilihan kita.

Tropicana Slim Alergon Cokies, cookies sehat yang cocok dan aman untuk semua keluarga dan cookies pilihan untuk ibu bijaksana dan siap menemani dimanapun keluarga berada…oke teman selamat menikmati hari bersama keluarga ya 🙂