Cerita Hidup dan Takoyaki

takoyaki_upload

Semakin berjalan adalah umur semakin bertambah dan jatah usia kita semakin berkurang, jadi sudah sepantasnyalah kita mempersiapkan hari esok nan indah disana. Hidup kita di dunia adalah bekal kita menuju kehidupan yang hakiki, maka kita harus bisa menggunakan setiap langkah kita untuk melakukan kebaikan, semoga apa yang kita lakukan tercatat sebagai amal ibadah…aamiin.

Kadang banyak hal menghampiri kita, semua nampak begitu menyenangkan, kebahagiaan dan semua nampak baik-baik saja, tapi ternyata kita sedang di dalam kubangan dosa dengan mencintai dunia yang fana. Dunia datang dengan indahnya dan kita merasa itu baik-bak saja, pujian datang menggoda, dan ternyata hati ini semakin jauh dari pemilik-Nya. Iya ketika semua terasa baik-baik saja kadang kita lupa dengan Allah swt. dan akhirnya lambat laun hati kita semakin kosong dan hampa, namun sebaliknya ketika banyak ujian atau cobaan kita akan lebih sering mendekat kepada Allah swt., mungkin ujian itu datang untuk mengingatkan kita agar mendekat kepada Allah, karena mungkin hanya ujian yang bisa mengingatkan kita, nauzdubillah. Ya Allah dekatkanlah kami dengan-Mu selalu, apapun keadaannya semoga kami selalu dekat dengan-Mu. Nikmat adalah dari-Mu, sudah seharusnya kami selalu bersyukur kepada-Mu, dan ujian adalah dari-Mu, maka mudahkanlah kami bersabar dijalan-Mu…aamiin…Ya Allah luruskanlah setiap langkah kami hanya karena-Mu saja ya Allah, kami tidak menginginkan apapun, yang kami inginkan hanya kedamaian bersama-Mu, kebahagiaan dekat dengan-Mu, dan menjalani hidup ini karena panjenengan saja ya Allah…tolonglah kami dan lindungi kami Ya Allah…aamiin.

itulah kehidupan, sudah seharusnya semakin kita bertambah usia bertambah bijaklah kita, dan bertambah dekat dengan Allah. Iya pertemuan kita dengan Allah semakin dekat, dan semoga ketika hari itu tiba menjadi hari yang terbaik yang pernah kia rasakan…aamiin…

Itulah sepenggal curhat yang ingin saya tuliskan untuk mengingatkan saya sendiri, dan sekarang giliran cerita tentang si takoyaki….

takoyaki_square2_upload takoyaki1_upload

sebenarnya bikin takoyakinya sudah lama tapi belum sempat ke posting dan berhubung blog selama desember belum ada postingan masuk maka di tanggal terakhir desember ini disempet-sempetin upload 😀

saya dapet resep takoyaki ini dari mbak anita joyo …dulu pas belum punya cetakan takoyaki pernah bikin tapi ndak sukses karena aku pake cetakan cara bikang jadinya aneh 😀 …dan alhamdulillah kesampaian juga punya cetakan takoyaki dan alhamdulillah bisa bikin takoyaki sendiri…dan rasa resep mbak nita ini mantep lah…mirip sama yang dijual itu…terimakasih mbak anita joyo…muaachhhh 😉

takoyaki_square1_upload

dan berikut resepnya :

TAKOYAKI

Bahan:

  • 100 gr tepung terigu protein rendah
  • 1 butir telur
  • 1 sdt kecap asin
  • 1 sdt kaldu bubuk rasa ayam, kalo gak suka di-skip ajah
  • 350 ml air es
  • garam dikit

Isian:

  • Kol, iris kecil
  • daun bawang, iris tipis
  • tako, iris2 tipis (isan bisa diganti sesuai selera)
  • rice crispy / tenkasu, saya ganti taro net, dikremes😁 (optional)

Pelengkap:

  • Saos takoyaki
  • Mayonaise
  • Aonon/Bubuk Nori (saya tidak pake)
  • Katsuobushi ( saya pake kalo pas punya 😀 )

Cara membuat:

  1. Campur tepung, garam & kaldu bubuk aduk rata, sisihkan
  2. Kocok lepas telur, air es, kecap asin sampei tercampur rata, kemudian tuangkan tepung, aduk rata
  3. Panaskan takoyaki pan, olesi minyak, tuang adonan sampe penuh, masukkan isian (saya kol langsung diaduk bersama adonan yang siap tuang)
  4. tunggu bagian pinggir sudah sedikit mengeras, jangan sampai kecoklatan balik adonan menggunakan dua tusuk sate sampai setengah bagian ‘tumpah’ dicetakan
  5. lalu tuang lagi adonan hingga penuh, baru dibalik seluruhnya, sehingga akan membentuk bulatan penuh
  6. Kalo pinggirnya udah mulai mengeras, puter perlahan sampai terbalik, biarkan sampai kecoklatan sambil sesekali di puter2. Angkat
  7. Hidangkan hangat dengan saos takoyaki, mayonaise, taburan nori & katsuobushi

 

SAUS TAKOYAKI

  • 4 sdm saus tomat
  • 3 sdm worchestershire sauce
  • 2 sdm kecap asin
  • 1 sdm gula
  • 150 ml aer
  • 1 sdt kaldu bubuk ayam
  • 1 sdt kanji, larutin dgn sedikit aer

Cara
• campur semuamuanya, aduk diatas api kecil sampai mengental

 

takoyaki_square_upload takoyaki2_upload

Iklan