Es Krim Nangka

Sudah beberapa kali bikin es krim nangka tapi rasanya belum seperti yang diinginkan…karena pengennya gurih santan keluar dan tetap krimi tentunya rasanya juga ada nangkanya…namanya juga es krim nangka πŸ˜€ …tapi beberapa kali nyoba rasa yang dominan tetep krimnya…percobaan sebelum ini santannya saya tambah bukan rasa gurih santan yang keluar…malah teksturnya jadi kurang krimi πŸ˜€ … sebenarnya yang kali ini juga kurang sreg sedikit…kalo dulu kurang krimi yang ini justru terlalu krimi πŸ˜€ …jadi mungkin bisa ditambah volume santannya biar ndak terlalu krimi…meskipun yang ini juga enak…hehehe

setelah mendapat masukan mbak fanty, eva, dan mbak citra di FB …saran teman2 dicoba dan alhamdulillah jadilah es krim nangka ini…terimakasih teman2 masukannya πŸ™‚

tapi resep ini agak boros di kelapa…hihihi…karena saking penggennya mengeluarkan gurih santan jadi saya menggunakan santan kental…yaitu 300 ml yang diambil dari satu buah kelapa…dan hasilnya terlalu krimi sedikit…dan sepetinya kita masih bisa menambah 100 ml sehingga kita bisa menggunakan 400 ml santan dari 1 buah kelapa…dan semoga hasilnya pas ya…soalnya yang 400 ml juga belum dicoba πŸ˜€

dan berikut resepnya :

Bahan A :

  • 400 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 4 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 sdt maizena

BahanΒ  B :

  • 100 gram whipped cream bubuk

Isi :

  • nangka secukupnya potong kecil-kecil

Cara membuat :

  1. masak semua bahan A (kecuali maizena) jadi satu hingga santan mendidih dan koreksi rasa.
  2. ambil 300 ml santan yang sudah dimasak dan masukkan lemari es sampai dingin.
  3. cairkan maizena dengan sedikit air dan masukkan ke sisa santan dan rebus kembali, aduk hingga mengental.
  4. setelah santan di lemari es dingin, kocok whipped cream bubuk dengan santan dingin hingga mengembang.
  5. lalu masukkan cairan santan dan maizena kemudian kocok rata.
  6. kemudian masukkan nangka dan kocok rata.
  7. masukkan ke dalam freezer tunggu hingga beku.
  8. es krim siap dihidangkan.

 

oke…selamat mencoba πŸ™‚

Iklan

Pukis Kentang

lamaa banget liburan bikin kue…hihihi

alhamdulillah semangat masak yang lagi jalan-jalan sudah mulai kembali…dan percobaan jatuh pada kue pukis…seperti biasanya kalo nyoba resep baru mesti diikuti rasa deg-degan sambil berhitung jadi…ndak…jadi…ndak… πŸ˜€ …tapi alhamdulillah ternyata bikin kue pukis ini insya Allah kemungkinan berhasilnya besar…asal ragi mengembang dengan baik dan kekentalan adonan pas insya Allah akan menghasilkan kue pukis yang enak dan empuk…

Resep asli dapat dari Majalah Sedap Pemula tapi aku ubah dikit karena di resep memakai kentang dan aku menggunakan tepung kentang flake karena di lemari masih punya persediannya…hehehe

dan setelah membuat adonan dan menunggu sekitar se jam lalu dipanggang…aku makai kue cetakan pukis kecil..awalnya takut kalo lengket pas dicetak…tapi alhamdulillah ndak lengket meskipun ndak dikasih margarin…tapi aku kasih margarin dikit-dikit juga sih…hehehe

dan kue pukis matang…hangat…empuk…enakk dan nyam-nyam langsung diserbu sama kembar dan ayah…hehehe…alhamdulillah kue pukisnya sukses…meskipun bentukya masih kurang cantik πŸ˜€

dan berikut resepnya…

Pukis Kentang Bahan : 50 gram kentang flake ditambah 150 ml air panas Biang :

  • 1 sdt ragi instan
  • 50 ml air hangat
  • 1 sdm gula pasir

Bahan Pukis :

  • 3 butir telur
  • Β½ sdt garam
  • 125 gram gula pasir
  • 225 gram tepung terigu protein sedang
  • 300 ml santan dari Β½ butir kelapa
  • 1 sdm margarin dilelehkan
  • Β½ sdt baking powder

Topping :

  • Keju cheddar dipotong memanjang secukupnya
  • Meises secukupnya (sy menggunakan coklat blok)

Cara membuat :

  1. Biang, larutkan ragi instan, air hangat dan gula pasir diamkan hingga berbusa.
  2. Kocok telur, garam, dan gula pasir sampai mengembang. Masukkan tepung terigu sambil diayak dan dikocok perlahan dengan kecepatan rendah begantian dengan campuran kentang
  3. Tambahkan larutan ragi instan kocok perlahan.
  4. Tambahkan santan sedikit demi sedikit dan dikocok perlahan sampai kekentalannya dirasa pas (tidak terlalu kental dan tapi tidak terlalu encer) apabila sudah pas hentikan penambahan santan.
  5. Diamkan 1 jam sampai mengembang.
  6. Masukkan margarin yang sudah leleh dan aduk rata.
  7. Tuangkan adonan di cetakan pukis yang sudah dipanaskan dan dioleh margaris tipis. Biarkan setengah matang tata topping diatasnya. Tutup dan biarkan matang.

Selamat mencoba… πŸ™‚