Lumpia Semarang

Pada waktu hamil si kembar pernah dibawain oleh2 lumpia semarang sama ayah kembar, waktu itu itu makan rasanya enak banget, dan beberapa bulan lalu ketika ayah kembar ke semarang lagi jadi minta dibawain lagi, dan akhirnya pengen bikin sendiri.

Resep kulit dan isi semua dapet dari mbak diah didi, untuk resep kulit aku dapet dari sini dan untuk resep lumpia dan isinya dapet dari sini, terimakasih mbak diah didi ๐Ÿ™‚

Beberapa bulan yang lalu aku juga pernah bikin lumpia ini tapi waktu itu dapet rebung yang agak pahit, katanya harusnya direndam pake air kelapa biar ndak pahit, dan kemarin lihat ada rebung yang siap pake di ibu jualan sayur akhirnya pengen nyoba lagi…dan dulu kulitnya aku dadar pake teflon biasa tapi aku kurang canggih jadi tidak rapi ๐Ÿ˜€ …maka akhirnya diputuskan beli wajan kewalik (crepes maker) ke mbak diah didi dan alhamdulillah sekarang sudah bisa rapi.

Untuk kulitnya rasanya enak dan renyah, kalo isian kayaknya kemarin agak sedikit keasinan…hihihi…mungkin karena ngicipnya pas ada santanya nah pas santan habis jadi berasa asin sedikit…hihihi…jadi kalo mau bikin sebaiknya pas santan masih ada rasanya jangan terlalu asin jadi pas santan habis rasanya bisa pas…

Berikut Resepnya :

Bahan Kulit (hasil sekitar 12-14 lembar) :

  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • 80 gram tepung beras
  • 400 ml air
  • 2 butir telur ukuran kecil
  • ยฝ sdt garam
  • 1 sdm minyak goreng

Cara membuat kulit :

  1. Campur tepung terigu, tepung beras, dan garam, aduk sampai rata.
  2. Masukan telur dan air sedikit demi sedikit kemudian minyak goreng dan aduk hingga adonan rata dan licin saring jika perlu.
  3. Dadar dengan teflon biasa satu per satu atau pake wajan kewalik.

Bahan isi lumpia (maaf pas nyoba tidak ditakar) :

  • Rebung (rebus dan potong koreng api)
  • Udang potong-potong
  • bawang merah
  • bawang putih
  • kecap manis
  • merica bubuk
  • garam
  • dan gula pasir
  • air (aku pake santan)

Cara membuat isi :
Haluskan bawang merah dan bawang putih, tumis sebentar masukan rebung dan udang dan tambahkan air/santan, masukkan garam dan merica bubuk dan beri sedikit gula pasir, biarkan hingga air habis dan koreksi rasa.

Penyelesaian :

isi kulit lumpia dengan bahan isi, rekatkan dengan putih telur dan goreng hingga kuning kecoklatan

Iklan

Ayam dan Udang Goreng Krispi

postingan pertama tahun 2015…uhuyyy ๐Ÿ˜€ …alhamdulillah ๐Ÿ™‚

selalu penasaran kalo lihat yang krispi-krispi…hehehe…tapi setelah dicoba mesti masih kurang memuaskan ๐Ÿ˜€ …percobaan kali ini alhamdulillah sudah mulai membaik ๐Ÿ˜€ tapi masih ada kurangnya juga sih…kurangnya yaitu kurang asin sedikit ๐Ÿ˜€ dan kalo dingin renyahnya berkurang…jadi kalo mau nyoba lagi sepertinya harus ditambah garam dikit dan komposisi tepungnya mungkin bisa pake 50 % terigu dan 50 % tepung beras…tapi yang ini pun kalo masih hangat bisa renyah jadi masaknya kalo mau makan aja ya…hihihi

ayam krispi_1

udang krispi

meski ada kurang2nya…alhamdulillah rasanya enak…ayah kembar yang ngakunya sudah mulai ndak seneng ayam potong …makanya jadi bikin dua yaitu ayam dan udang…ehhh kemarin pura2nya mau nyoba ayam dan pas aku mau ngemil ayam…ehhh ikutan lagi ๐Ÿ˜€

dan berikut resepnya …

Bahan :

  • 1/2 kg Ayam, potong sesuai selera
  • 1/4 kg udang
  • minyak goreng

Bahan Tepung Krispiย  (Campur semua bahan dan aduk hingga rata) :

  • 300 gram tepung terigu protein rendah
  • 100 gram tepung beras
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdt merica bubuk

Bumbu halus :

  • 4 siung bawang putih
  • 3 cm jahe
  • 3 sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • sedikit air untukย rendaman

Cara membuat :

  1. Rendam ayam dan udang dalam rendaman bumbu halus sekitar 30 menit;
  2. Campur 3 sdm tepung krispi dengan sedikit air, aduk hingga rata dan agak kental, sisihkan.
  3. Masukkan ayam/udang yang telah direndam bumbu ke dalam tepung krispi kering, gulingkan hingga tepung menempel ke semua permukaan ayam/udang, kemudian masukan ayam/udang kedalam campuran tepung krispi dengan air, gulingkan hingga semua permukaan basah, kemudian masukkan ayam/udang ke dalam tepung krispi kering gulingkan sambil sedikit diremas-remas beberapa saat hingga banyak tepung yang menempel dan nampak keriting. (meski saya juga belum bisa bikin yang keriting sekali…ya yang penting keriting meskipun sedikit ๐Ÿ˜€ )
  4. Kemudian langsung goreng ayam/udang ke dalam minyak panas dan banyak, goreng dengan api kecil hingga matang dan berwarna kecoklatan.
  5. ayam dan udang goreng siap dinikmati.

 

Tips :

  • Supaya tepung krispi awet bagus dan bersih maka untuk penggunaannya sedikit saja, jadi setiap sekali atau dua kali goreng, kemudian ganti dengan tepung yang baru, sehingga hasilnya bisa bagus hingga proses terakhir.
  • dan setelah pengadukan ayam/udang di tepung kering yang terakhir usahakan langsung masuk minyak panas sehingga bentuknya bisa lebih cantik.

ayam krispi_2

ayam krispi

 

ย ====Minggu, 04012015 12:52 @ km 31,5====