Pastel Abon

Pastel ini adalah makanan kesukaanku biasanya pas lebaran ibu selalu sedia pastel abon karena aku menyukainya, terimakasih ibu ๐Ÿ™‚ …dulu pas awal-awal belajar bikin kue aku sudah pernah membuat kue ini tapi dulu belum punya gilingan mie jadi aku pake botol….dannnn sangat membutuhkan tenaga ekstra sampai berkeringat seperti olahraga ๐Ÿ˜€ …alhamdulillah sekarang dah punya gilingan mie jadi lebih ringan dan cepat.

Dua minggu yang lalu dapet kiriman abon ikan produk dari Novita adek kelasku…alhamdulillah…dan dibuatlah pastel…selain itu untuk lauk si kembar juga…si kembar suka sekali maem sama abon ikan…katanya enak…terimakasih Novita ๐Ÿ™‚

Pas bikin pastel dibantu si kembar…mereka ikut giling-giling dengan penuh semangat ๐Ÿ˜€ …dan gantian antara kakak sama adek…tapi di tengah perjalanan si kembar ikut ayah ke kantor tapi pas proses belum selesai kembar sudah datang lagi dan mereka mau bantuk-bentuk katanya….dan setelah dikasih adonan malah dibikin kelereng banyak ๐Ÿ˜€ …play dough pastel ya sayang ๐Ÿ˜€

Baik yang pertama bikin maupun yang sekarang aku pake resep mbak diah didi karena memang cocok dengan rasanya, yang kemarin rasanya enak tapi punyaku sedikit keras…tapi ndak keras sekali kok…tak pikir aku campur adonannya terlalu lama atau gilingnya yang terlalu lama tapi ternyata ada step yang kelupaan yaitu menyimpan di lemari es ๐Ÿ˜€

dan berikut resepnya aku dapet dari mbak diah didi, terimakasih mbak diah didi ๐Ÿ™‚

Pastel Abon

Bahan :

  • 300 gram tepung terigu (aku kemarin pake terigu protein sedang)
  • 2 butir telur
  • 50 gram margarin
  • 2 sdm air es
  • 1/2 sdt garam
  • minyak untuk menggoreng
  • abon untuk isian secukupnya

Cara membuat :

  1. campur tepung terigu dan garam, aduk rata.
  2. tambahkan margarin, telur dan air es aduk rata hingga bergumpal (hanya diaduk sampai tercampur dan bergumpal dan tidak diuleni supaya pastelnya tidak keras)
  3. simpan 15 menit di lemari es (tapi aku yang ini kelupaan ๐Ÿ˜€ )
  4. keluarkan, giling adonan dengan gilingan mie beberapa kali hingga adonan halus.
  5. cetak semua adonan menjadi bulatan kecil
  6. lalu ambil selembar adonan dan isi abon kemudian tutup dan pilih hingga berbentuk pastel
  7. kemudian goreng pada minyak panas.
  8. pastel siap dihidangkan.

demiakian resep pastel abonnya, kalo teman-teman bikin jangan lupa disimpan di lemari es ya ๐Ÿ˜€ …oke selamat mencoba ๐Ÿ™‚

====Minggu, 30112014 06:10 @ km 31,5====

Iklan

Rerotian (Water Roux Method)

Dulu kalo lihat orang bisa bikin roti itu aku takjub luar biasa, alhamdulillah sekarang sudah bisa bikin sendiri karena ternyata membikin roti itu insya Allah mudah ya, tidak seperti yang kita bayangkan, sama seperti bikin donat atau bakpao cuma finishingnya aja yang berbeda kalo donat digoreng, bakpao dikukus dan roti di oven.

dan dari beberapa bulan yang lalu aku melirik resep roti mbak Hesti yang menggunakan metode water roux dan alhamdulillah sukses juga membuat dengan metode ini dan hasilnya memang empuk, untuk step by step caterpillar breadnya ada di blognya mbak Ricke…terimakasih mbak hesti dan mbak ricke sudah share ilmunya ๐Ÿ™‚

karena adonanya banyak jadi aku bikin beberapa macam roti yaitu roti tawar, caterpillar bread, roti coklat dan roti abon.

dan berikut Resepnya aku dapat dari mbak hesti :

Water roux :
– 50 gr tepung terigu protein tinggi
– 250 ml air

Bahan :
– 400 gr tepung protein tinggi
– 200 gr tepung protein sedang
– 100 gr gula pasir
– 2 sdm susu bubuk full cream
– 1 butir telur + 1 kuning telur
– 11 gr ragi instan
– 200 gr water roux
– 175 – 200 ml air hangat
– 75 gr margarin
– 1 sdt garam

Topping :
– abon
– sosis
– mayonaise + sedikit susu kental manis
– saos
– meises
– keju cheddar parut secukupnya

Cara membuat :

  1. Water roux : dalam panci, campur air dan tepung terigu. Aduk rata
    sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api sedang sampai
    kental. Jangan sampai mendidih. Sisihkan hingga dingin.
  2. Roti : campur semua bahan kering kecuali margarin dan garam.
  3. Masukkan campuran water roux dan telur ke dalamnya dan tuang air sedikit demi sedikit dan hentikan pemberian air jika dirasa adonan sudah pas, uleni sampai kalis.
  4. Tambahkan margarin dan garam dan uleni lagi sampai elastis. Jika terlalu kering bisa ditambahkan sedikit air, tapi kalau terlalu lembek bisa ditambahkan sedikit tepung.
  5. Tutup dengan plastik wrap dan fermentasikan sampai mengembang 2x lipat.
  6. Untuk Roti tawar timbang masing-masing 80 gram untung setiap bagian bentuk bulat panjang dan taruh ke dalam loyang.
  7. Untuk roti yang lain aku timbangi sebesar 50 gram dan dibentuk sesuai selera.
  8. Fermentasikan selama kurang lebih 30-45 menit tergantung cuaca.
  9. Untuk caterpillar olesi saos dan taburi keju parut sebelum dipangang.
  10. Panaskan oven dan oles semua roti menggunakan kuning telur sebelum dioven.
  11. Untuk roti tawar aku ngovennyaย  (ovenku tangkring ya teman-teman ๐Ÿ˜€ ) menggunakan api kecil dengan waktu sekitar 30 menit.
  12. Untuk roti yang lain aku ngovennya menggunakan api besar sekitar 10-15 menit.
  13. Supaya hasilnya mengkilat olesi margarin setelah Roti keluar dari oven.
  14. Untuk roti abon olesi campuran mayonaise dan susu kental manis (aku kemarin mayonaise aja sih ๐Ÿ˜€ ) dan taburi abon atasnya.

meski sedikit repot tapi melihat macam-macam roti setelah matang itu menyenangkan, apalagi maemnya masih anget-anget gitu…empukkk…yuk teman mari membuat roti…Demikian resep rotinya dan semoga bermanfaat ๐Ÿ™‚

ย ====Minggu, 23112014 06:04 @ km 31,5====

Ongol-ongol Singkong

Dulu pas kecil sukanya ikut nungguin tukang sayur lewat sama ibu soalnya ada kue disana ๐Ÿ˜€ …biasanya ibu sayur bawa jajanan tradisional termasuk ongol-ongol ini…pas ibu sayur datang…ibu sibuk berbelanja dan aku juga sibuk memilih-milih kue ๐Ÿ˜€ ….ahhh indahnya masa kecil… ๐Ÿ™‚

aku suka sekali dengan jajajan tradisional bisa dibilang lidah indonesia asli…hihihi…dari dulu pengen banget bikin kue ini… ya pengen mengenang masa kecil dan aku juga memang suka…dan kapan hari dikasih singkong sama tetangga jadi bikin ongol-ongol aja ahhh…dan googling ketemu resep mbak Dini Mulyadi …jadi langsung bikin dan alhamdulillah rasanya enak dan si kembar dan ayah suka…teksturnya agak empuk enak dan manisnya pas…terimakasih mbak dini sudah share resepnya…

dan berikut Resepnya aku copas dari Blog mbak dini :

Ongol-ongol Singkong
Bahan :
– 500gr singkong, parut halus
– 100gr gula putih
– 100gr parutan kelapa
– 1/4 sdt garam
– Pewarna makanan sesuai selera

Untuk taburan :
– Parutan kelapa dan garam, kukus sebentar.

Cara Membuat :

  1. Campur jadi satu semua bahan dalam mangkuk besar kecuali pewarna makanan.
  2. Pisah-pisah menjadi beberapa bagian sesuai dengan warna yang dikehendaki.
  3. Campur tiap bagian dengan pewarna. Bulatkan kecil-kecil.
  4. Kukus kurang lebih 15 menit atau sampai matang.
  5. Angkat dan gulingkan di parutan kelapa.
  6. Tusuk-tusuk berselang seling menurut warna. (tapi punyaku yg dibikin sate cuma dua buat si kembar aja ๐Ÿ˜€ )

Catatan :

  • Kalau singkong yang diparut terlalu berair maka sebaiknya diperas dahulu, sehingga mudah dibentuk.
  • Saat mengukus alasi kukusan dengan daun pisang agar adonan tidak lengket ke dasar kukusan saat diangkat.

Demikian cerita ongol-ongol semoga bermanfaat ๐Ÿ™‚

====Kamis, 20112014 05:19 @ km 31,5====

Rendang

ini adalah rendang keduaku, rendang pertama berakhir dengan gosong dan dagingnya jadi puing-puing daging…maksudnya tidak ada yg utuh soalnya kalo motong kurang besar ๐Ÿ˜€ …dan setelah lama memendam rasa alhamdulillah kesampaian juga bikin rendang lagi…hihihi…

Rendang kedua ini lumayan lah untuk pemula…secara rasa dan tekstur sudah mirip sama rendang meski bumbunya kemarin agak diubah-ubah dikit menyesuaikan bahan yang ada ๐Ÿ˜€ …tapi sayang kurang sedikit pedas soalnya sengaja ndak dikasih cabe rawit karena aku habis batuk pilek dan ayah kembar juga habis flu jadi nyari yang aman-aman aja, malah katanya ayah kembar agak cenderung manis soalnya memang tak kasih gula jawa sidikit, jadi bisa dibilang rendang jawa ๐Ÿ˜€ …meski rendang jawa aku bisa nambah lagi dan nambah lagi apa memang karena aku suka makan ya ๐Ÿ˜€

dan berikut Resep Rendang ala keluarga nawa yang sedikit manis ๐Ÿ˜€

Bahan :

  • 750 gram daging potong-potong setebal 1,5 cm berlawanan dengan serat daging
  • 2 liter santan ( 1 liter santan kental + 1 liter santan agak kental) dari 2,5 butir kelapa
  • 2 batang serai
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 4 biji asam jawa
  • 2 cm lengkuas
  • minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu halus :

  • 250 gram cabe merah
  • 15 siung bawah merah
  • 10 siung bawang putih
  • 3 cm jahe
  • 3 cm kunyit
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdm gula jawa

Cara Memasak :

  1. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan serai, salam, laos, daun jeruk dan asam.
  2. Kemudian masukkan daging tumis sebentar.
  3. Masukkan santan agak kental masak hingga santan agak berkurang.
  4. Masukkan santan kental masak hingga santan mengental dan rendang berwarna kecoklatan (sekitar 3 jam).
  5. Koreksi rasa dan rendang siap dihidangkan.

demikian resepnya teman-teman semoga kapan-kapan bisa bikin rendang lagi dan lebih pedes biar berasa Rendang beneran ๐Ÿ˜€ .

====Senin, 17112014 07:53 @ km 31,5====

Sayur Lombok Ijo

Sayur lombok ijo??? sayurnya cabe semua??? bukannn… ๐Ÿ˜€

Sayur lombok ijo adalah makanan khas Gunungkidul kalo lagi maen ke Gunungkidul dan makan di tempat masakan jawa yang ada di Gunungkidul, insya Allah ketemu masakan ini. Sayur lombok ijo adalah sayur berkuah santan dan di dalamnya ada tempe dan lombok ijonya, dua bahan ini yang doniman. Kalo asli orang Gunungkidul pasti sudah ahli semua masak sayur ini, di Gunungkidul ini bisa dibilang semua masakan ada lombok ijonya, mulai dari sambel goreng, sayur, daging, dll pokoknya kalo ada hajatan lombok ijo insya Allah ndak ketinggalan, ini serius lho teman-teman ๐Ÿ˜€

Kalo namanya sayur lombok ijo kok difoto ada lombok merahnya juga…ya campur-campur cabe merah dikit ndak papa yang penting yang dominan lombok ijonya, dan dikasih cabe rawit kalo pengen lebih pedes. Oiya tempenya pun bukan tempe yang balok besar gitu, tempe yang dipake adalah tempe yang dijual kecil-kecil dibungkus pake daun pisang atau daun jati. Tempe ini mudah sekali ditemui di pasar yang ada di Gunungkidul, dan biasanya dijual oleh ibu-ibu ya bisa dibilang si mbah-mbah soalnya rata-rata yang jual tempe ini adalah ibu-ibu yang sudah agak sepuh dan mereka membuat tempenya sendiri lho teman-teman…luar biasa kan…memang orang Gunungkidul ini rajin-rajin meski umurnya sudah seratus tahun kalo masih bisa ke ladang pasti mereka akan ke ladang dan disini masih banyak lho orang-orang berusia diatas 80 tahun…subhanallah ya…umur-umur mereka panjang-panjang dan masih sehat lagi…luar biasa. Kalo menggunakann tempe biasanya bisa tapi aroma tempe yang agak kecut akan muncul, dan katanya mbak yang momong si kembar, kalo menggunakan tempe biasa di goreng dulu biar ndak kecut aromanya, dan aku pernah nyoba tempenya di goreng dulu memang aroma tempe yang kecut itu berkurang tapi sayurnya warnanya agak kekuningan padahal sayur lombok ijo biasanya kuahnya cenderung putih.

dan aku yang sudah tinggal tiga tahun lebih di Gunungkidul ini mulai cinta juga sama lombok ijo ๐Ÿ˜€ , awalnya ndak biasa saja lama-lama jadi cinta…lho kok kayak syair lagu aja ๐Ÿ˜€ …jadi suka semua masakan yang berbau lombok ijo…hihihi

ndak usah lama-lama ceritanya ya…hihihi…ini Resepnya teman-teman mudah kok tinggal iris-iris tumis selesai…

Sayur Lombok Ijo

Bahan :

  • 250 gram Tempe daun potong korek api atau sesuai selera (tempe yang dibungkus daun atau bisa diganti tempe biasa tapi digoreng dulu setengah matang)
  • 100 gram lombok ijo iris tipis
  • 1 liter santan
  • 2 sdm minyak goreng

Bumbu :

  • 10 siung bawang merah iris tipis
  • 7 siung bawang putih iris tipis
  • 5 buah cabe rawit iris tipis
  • 3 lonjor petai
  • 1 sdm ebi
  • 1/2 sdt garam atau sesuai selera
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 3 cm laos
  • 2 lembar daun salam

Cara membuat :

  1. tumis bawang merah bawang putih hingga harum.
  2. masukkan cabe hijau, cabe rawit , petai, laos, ebi dan daun salam, tumis sampai cabe hijau agak layu.
  3. masukkan tempe tumis sebentar kemudian masukkan santan.
  4. Masak hingga santan mendidih, koreksi rasa dan biarkan beberapa saat hingga bumbu meresap ke dalam tempe.
  5. Sayur Lombok Ijo siap dihidangkan.

Demikian resepnya semoga bermanfaat ๐Ÿ™‚ .

ย ====Sabtu, 08112014 05:57 @ km 31,5====

Brownies Coklat Keju

Sudah sebulan ndak update blog…kangen juga sama blog…mudah-mudahan blog ini terus update dan mudah2an bisa bermanfaat…aamiin…karena ternyata mengurus blog juga bukan pekerjaan yang gampang harus menyempatkan waktu untuk merawatnya…makanya aku salut sama mbak-mbak yang blognya penuh dengan konten…luar biasa…mudah-mudahan bisa mengikuti jejak mereka…aamiin…lho kok jadi curhat ๐Ÿ˜€

Kenapa ndak ngisi blog soalnya lama ndak masak ๐Ÿ˜€ …hehehe…ini ceritanya penyesuaian jadwal belum sepenuhnya berjalan lancar…jadi capeknya kok masih nempel terus ๐Ÿ˜€ …tapi satu minggu alhamdulillah sudah mendingan…makanya sudah bisa bikin kue lagi….horeee ๐Ÿ˜€ …percobaan jatuh pada Brownies Coklat Keju…soalnya si kembar suka ayahnya juga suka…si kembar suka coklatnya ayahnya suka kejunya ๐Ÿ˜€ …sampe-sampe pas bikinnya kembar bilang browniesnya coklat aja bunda ndak usah dikasih keju…nah ayah sudah mengajukan permintaan brownies coklat keju…wah…akhirnya coklat keju aja biar semuanya dapet ๐Ÿ˜€ …tapi beneran pas sudah jadi si kembar maemnya yang coklat duluan yang keju sering disisain buat ayahnya ๐Ÿ˜€

Untuk Resepnya aku mencoba menggabungkan dua Resep yaitu Resep Brownies Ny. Liem ย dari Blognya mbak Hesti yang sudah pernah ku coba dan Resep Brownies Keju dari Resep Brownies Keju Radin Cake dari blognya mbak Nina. Sebenarnya pake Resep Brownies Ny. Liem yang setengah diganti juga bisa harusnya…tapi aku penasaran Resep Bronies Kejunya Radin Cake…jadi deh nyoba dua Resep sekalian…dan alhamdulillah dua-duanya enak…yang coklat berasa coklatnya yang keju juga berasa kejunya…tapi punyaku kemarin brownies kejunya kurang madet dikit…kira2 kenapa ya…aku juga ndak tau…hahaha…kayaknya harus tanya-tanya biar tahu kenapa…hehehe

Untuk Resep Brownis Coklatnya bisa dilihat disini dan aku pake setengahnya dan karena ada sisa DCC dan coklat bubuk jadi aku lebihin sedikit dan rasa coklatnya lebih nyoklat…hehehe

dan berikut Resep Brownies Kukus Keju aku copas dari Resepnya mbak nina tapi aku buat setengahnya.

BROWNIES KUKUS KEJU
ย 
Bahan A :
  • 1 butir telur utuh
  • 1 butir kuning telur
  • 50ย gr gula pasir
  • 1/4 sdt vanilla (aku ndak pake)
  • 1/4 sdm emulsifier
  • 1/8 sdt garam
Bahan B :
  • 40ย gr tepung terigu protein sedang
  • 13ย gr susu bubuk full cream
  • 10ย gr maizena
  • 1/4 sdt baking powder
  • (campur dan ayak seluruh bahan ini)
Bahan C :
  • 13ย gr butter, lelehkan
  • 43ย ml minyak sayur kualitas baik
Bahan D :
  • 25ย gr keju cheddar potong dadu (beri taburan terigu supaya keju tidak berada di dasar brownies)
Cara Membuat Adonan Brownies Keju:
  1. Kocok bahan A hingga mengembang dan kental berjejak. Tambahkan garam, kocok lagi sebentar.
  2. Masukkan bahan B ke bahan A, aduk rata.
  3. Tambahkan keju cheddar, aduk rata.
  4. Masukkan campuran butter dan minyak. Aduk balik hingga tercampur rata.
Cara Membuat Brownies Kukus Coklat Kejuย 
  1. Panaskan kukusan hingga beruap banyak (tapi jangan terlalu panas supaya hasil tidak bergelombang)
  2. Siapkan loyang (aku pakai loyang bulat diameter 20 cm), oles tipis margarin, alasi kertas roti dan oles tipis kembali. Sisihkan.
  3. Tuang adonanย brownies coklatย ke dalam loyang, hentakkan loyang untuk mengeluarkan udara yang ada dalam adonan danย kukus 15 menit.
  4. Masukkan adonan brownies keju, kukus 30 menit
  5. Keluarkan dari loyang dan dinginkan.
  6. Siap dihias sesuai selera.

Demikian Resepnya Brownies Coklat Keju semoga bermanfaat…meski sudah dikasih terigu tapi balok-balok kejuku masih berada di dasar ya…kayaknya memang harus banyak belajar nie…hehehe

====Sabtu, 01112014 08:42 @ km 31,5====