Ayam Lodho

Ayam Lodho adalah masakan khas Tulungagung, aku familier dengan makanan ini karena dulu sering maen ke rumah Asri Tri Rahayu dan sama ibu sering dimasakin ini kalo pas kesana, terimakasih Asri dan Keluarga πŸ™‚

dan ternyata setelah menikah aku cerita tentang ayam lodho ke ayah kembar dan ternyata ayah kembar juga suka dengan masakan ini, karena ayam lodho ini memang enak teman-teman, rasanya pedas dan gurih serta aroma bakaran ayam menambah citarasa ayam lodho…hmmm pokonya enak… πŸ˜€

karena aku bukan asli Tulungagung dan dulu pas maen ke rumahnya asri ndak pernah bantu bikin…hehehe…makanya aku ndak tahu bumbunya, dan seperti biasa penasaran selalu diakhiri dengan googling πŸ˜€ dan alhamdulillah ketemu resep ayam lodho di detik food…terimakasih google terimakasih detikfood πŸ™‚

Bakso Goreng

karena memang kami berdua suka ayam lodho dan sudah lama ndak masak ayam lodho dan sudah seminggu ini aku ndak masak karena si kembar mulai sekolah sehingga pagi hari untuk mandiin anak-anak, nyuapin dan persiapan berangkat sekolah, jadi masaknya diganti sama mbaknya πŸ˜€ maklumlah sekarang masih belajar bagi waktu…hehehe…jadi ceritanya kangen juga sama masak…dan mumpung juga di freezer ada ayam kampung maka kami memutuskan memasak ayam lodho, apalagi sekarang ayah kembar dah hafal soal bebakaran πŸ˜€

dan tahu ndak teman-teman pas aku masak ayam lodho ini rasanya aku sama ayah kembar…dikit-dikit lapar…berarti lapar juga tergantung sama lauknya juga ya…hahaha

ayam lodho ini lebih enak dimakan setelah bermalam…bumbunya lebih meresap dan untuk resep ayam lodhonya berikut ya teman-teman :

Bahan:

  • 1 ekor ayam kampung
  • 1 butir kelapa, kupas, parut, ambil 250 ml santan kental dan 500 ml santan encer
  • 1 jempol (3 cm) lengkuas, iris kasar
  • 3 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • 2 lembar daun salam

Bumbu halus:

  • 10 butir bawang merah
  • 10 siung bawang putih
  • 5 cm kunyit
  • 4 cm jahe
  • 2 cm kencur
  • 2 cabai merah keriting
  • 2 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1 sdm merica butiran
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 sdt jintan
  • 100 g cabai rawit (atau sesuai selera)

Cara membuat:

  • Belah ayam dari bagian dada depan ke bawah, lalu bentangkan ayam hingga terbuka lebar.
  • Lumuri air garam dan bakar di atas bara api hingga setengah matang.
  • Tumis bumbu halus hingga wangi.
  • Tambahkan santan encer ke dalam tumisan. Didihkan.
  • Masukkan ayam bakar ke dalam wajan, tambahkan serai, daun salam, dan daun jeruk purut.
  • Teruskan memasak dengan api kecil sampai mendidih.
  • Tambahkan santan kental dan jangan lupa koteksi rasa. Teruskan memasak dengan api kecil sampai kuahnya menjadi kental.

Β 

Demikian cerita ayam lodhonya teman-teman…semoga bermanfaat πŸ™‚

Β 

====Minggu, 31082014 15:43 @ km 31,5====

Iklan

Brownies Kukus Ny. Liem

Dulu pas baru-baru menikah pernah bikin brownies kukus, dan dah lama pengen bikin lagi tapi baru kesampaian dua minggu yang lalu dan baru kali ini yang rasanya brownies beneran πŸ˜€ meskipun pinggirnya belum rapi sih πŸ˜€

Aku dapet resep Brownies Kukus Ny. Liem ini dari mbak hesti …makasih mbak hesti sdh share resepnya πŸ™‚

pas bikin deg-degan jadi ndak jadi ndak πŸ˜€ …tapi lihat testimoni di blog mbak hesti banyak yang bikin dan sukses, jadi bismillah semoga sukses…dan alhamdulillah brownies jadi juga dan kata ayah kembar sudah mirip brownies *m*nda …duhh senengnya dipuji suami πŸ˜€

ndak kelamaan ya teman-teman ini resepnya aku copas dari blog mbak hesti…

Bakso Goreng

Bahan I :

– 6 butir telur
– 225 gr gula pasir (aku pake 230 gr)
– 1/2 sdt vanili bubuk
– 1/4 sdt garam
– 1 sdt teh emulsifier

Bahan II :
– 125 gr terigu protein sedang
– 50 gr cokelat bubuk
– 1/2 sdt baking powder

Bahan III :
– 100 ml minyak goreng
– 35 gr margarin
– 30 gr butter
– 100 gr dark cooking cokelat

Bahan IV :
– 75 ml susu kental manis

Cara membuat :

  1. Dalam wadah, masukkan minyak, butter, margarin dan dark cokelat. Panaskan dengan api sedang sampai meleleh, jangan mendidih. Sisihkan.
  2. Campur dan kocok bahan I menjadi satu hingga mengembang dan kental berjejak.
  3. Masukkan bahan II sedikit demi sedikit sambil diayak dan diaduk hingga rata. Tuang bahan III, aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata. Ambil 100 gr adonan, campur dengan bahan IV, sisihkan.
  4. Tuangkan 1/2 bagian sisa adonan tadi ke dalam loyang ukuran 20x20x7 cm yang telah diolesi dengan margarin dan dialasi dengan kertas roti. Kukus selama 10 menit dalam dandang yang sudah terlebih dulu dipanaskan dengan api sedang (cat: kalau terlalu tinggi apinya, brownies akan bergelombang permukaannya)
  5. Tuang adonan yg telah dicampur dengan bahan IV, kukus 5 menit dan terakhir masukkan sisa adonan. Kukus kembali selama 30 menit hingga matang.
  6. Angkat dan dinginkan.

demikian cerita brokusnya semoga bermanfaat πŸ™‚

====Sabtu, 30082014 05:51 @ km 31,5====

Bakmi Jawa

Semenjak tinggal di Gunungkidul sering sekali menjumpai makanan ini, bagaimana tidak di daerah saya tinggal pada malam hari di sepanjang jalan raya kita akan mudah menemui warung-warung bakmi jawa, kita akan mudah menemui rombong yang khas dengan gantungan ayamnya.

Dulu pas di Malang pernah makan Mie Jogja Pak Karso, dan setelah di Gunungkidul diajak ayah kembar maem bakmi jawa langsung ingat…rasanya kayak pernah makan tapi dimana…oiya…seperti Mie Kuahnya Pak Karso…ya namanya Juga Mie Jogja…pasti asalnya dari Jogja dan sekitarnya πŸ˜€

ada yang bilang asalnya bakmi jawa dari Magelang ada yang bilang dari Gunungkidul…tapi aku ndak tau yang bener yang mana πŸ˜€ …mungkin dua-duanya benar…kata wikipedia memang mie ini banyak dijumpai di daerah Jawa tengah.

Karena di Gunungkidul banyak sekali penjual bakmi jawa sehingga kita bisa dengan mudah membandingkan rasa antara yang satu dengan yang lain.

Bakso Goreng

Ayah kembar suka sekali dengan bakmi jawa ini, jadi aku penasaran resepnya seperti apa ya…akhirnya googling deh dan ketemua resep detik food dari tampilan fotonya mirip dengan bakmi jawa yang ada disini, jadi deh dicoba resepnya, dan alhamdulillah memang mirip dengan yang dijual.

dan berikut resepnya ya teman-teman..

Bakmi Jawa

Bahan :

  • 200 gram mie kering, rebus sebentar hingga matang tapi jangan terlalu lunak
  • ayam rebus suwir kasar secukupnya
  • kaldu ayam secukupnya
  • 1/4 lingkaran daun kol, iris kasar
  • 1 buah tomat merah, iris kasar
  • 2 sdm minyak goreng
  • 1 batang daun bawang, rajang kasar
  • 2 butir telur

Β Bumbu Halus :

  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt gula pasir

Cara membuat :

  1. tumis bumbu halus sampai wangi
  2. masukkan kaldu ayam dan ayam rebus
  3. koreksi rasa bisa ditambah garam, gula pasir atau merica bila kurang
  4. apabila rasa sudah pas masukkan daun kol, tunggu kol hingga sedikit lunak
  5. masukkan mie, tomat, dan daun bawang
  6. koreksi rasa lagi bila perlu
  7. masukkan telur setelah telur setengah matang aduk-aduk sebentar, tunggu hingga telur matang
  8. Angkat dan mie siap dihidangkan

Hasil : 2-3 porsi

Β Demikian cerita tentang bakmi jawanya semoga bermanfaat πŸ™‚

Β 

Β ====Sabtu, 23082014 09:38 @ km 31,5====

Bakso Goreg Udang

Suka kangen sama bakso malang yang banyak variasi gorengnya, karena jauh dari malang jadi pengen bikin sendiri, dulu pernah nyoba adonan siomay atau tahu bakso y (agak lupa…hehe) aku goreng tapi hasilnya belum seperti yang diinginkan…dan pas tahu mbak diah didi posting resep bakso goreng jadi langsung kepengen, dan karena aku dapet GA dari mbak diah …jadi sekalian beli tepung bakso dari mbak diah biar sekalian ngirimnya…makasih mbak diah πŸ™‚ …suka sekali dengan mbak diah πŸ˜‰

Bakso Goreng

dan kemarin lusa alhamdulilah kiriman mbak diah dah nyampe…mumpung di kulkas punya udang sedikit langsung deh eksekusi bakso gorengnya…dannn hasilnya alhamdulillah sudah mirip dengan bakso goreng yang dijual, renyah di luar dan dalemnya kopong…tapi punyaku agak alot sedikit sih πŸ˜€ …tapi katanya ayah kembar enakkk…sudah benar rasa dan teksturnya…apa ayah kembar cuma ingin menghibur istrinya πŸ˜€

cara membuatnya pun gampang yang susah itu mendapat mendapat tepung dari mbak diah didi…karena harus melalui ongkir πŸ˜€ …seandainya aku tetanggaan dengan mbak diah…ups kok jadi ngelamun πŸ˜€

berikut resepnya dariΒ mbak diah didi dan aku revisi sedikit menyesuaikan bahan yang ada πŸ˜€

Bakso Goreng Udang

Bahan :

  • 200 gram udang giling
  • 250 gram tepung bakso
  • 2 butir telur
  • 2 siung bawah putih dihaluskan
  • 1 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt merica bubuk

Cara membuat :

  1. masukkan semua bahan kedalam food processor kecuali tepung bakso, proses hingga lembut.
  2. masukkan tepung bakso ke dalam adonan dan aduk ringan hingga tercampur rata (mengaduknya jangan terlalu kuat) .
  3. ambil sedikit adonan dan bentuk bulat-bulat kemudian masukkan dalam minyak banyak yang masih dingin baru nyalakan kompor, dan goreng dengan api kecil hingga mengembang dan kering.

demikian cerita bakso gorengya….selamat mencoba πŸ™‚

Β ====Rabu, 13082014 05:37 @ km 31,5====

Pizza Jamur dengan Kulit Pizza Oregano

Sebenarnya bingung juga mau ngasih nama pizza ini soalnya resep dan topping sama dengan Pizza Lombok Ijo yang dulu aku posting disini tapi bedanya disini ada tambahan jamur kancing tapi ndak ada jagung manis dan bedanya lagi kulit pizza menggunakan kulit pizza oregano…dan masih menggunakan lombok ijo soalnya murah meriah πŸ˜€

Pizza jamur

Kulit pizza oregano sendiri aku terinspirasi dari majalah sedap pemula yang menambahkan oregano pada adonan roti pizza, penasaran rasanya seperti apa jadi nyoba bikin dan alhamdulillah memang enak…meskipun hampir sama dengan rasa roti pizza yang biasa tapi ada penambahan aroma dan rasa dari oregano itu sendiri….hmmm bingung ngomongnya πŸ˜€ …intinya rasanya lebih berasa karena tambahan oregano…hehehe

untuk resep kulit dan saus teman-teman bisa lihat di posingan Pizza Lombok Ijo ya…karena sama persis dan memang saya suka dengan adonan ini katanya mbak wiwin secara tektur dan rasa sudah pas…

dan untuk kulit pizza oregano ini takarannya aku menggunakan sama seperti Pizza Lombok Ijo tapi ada penambahan oregano sebanyak setengah sendok makan pada adonan 250 gram tepung dan memasukkan oreganonya adalah pada waktu pencampuran adonan di awal.

dan berikut gambar kulit pizza oregano sebelum dipanggang

kulit pizza oregano

demikian cerita pizzanya semoga akan ada pizza-pizza selanjutnya…aamiin…hehehe

====Sabtu, 09082014 06:06 @ km 31,5====

Coffee Bun Cantik…sstttt tapi kurang ngembang :D

Ini adalah kali ketiga aku membuat roti boy tapi ceritanya selalu berakhir setengah sukses πŸ˜€ …yang pertama masih kurang rapi, yang kedua gosong pake sekali πŸ˜€ dan yang ini alhamdulillah sudah lumayan rapi tapi sayang kurang ngembang… tapi alhamdulillah resep dari mbak hesti ini kalo masalah rasa sudah banyak yang bilang enak…terimakasih mbak hesti sudah share ilmunya πŸ™‚

dan resepnya sudah pernah aku posting disini …aku suka dengan resep ini karena meski berakhir setengah sukses πŸ˜€ sebenarnya hasilnya enak dan rotinya empuk…dan mungkin memang harus banyak belajar untuk membuat hasil yang memuaskan…

roti boy edit

kegagalan kali yang ketiga ini mungkin karena suhu di pagi hari yang agak dingin sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya untuk proses mengembang tapi karena aku membuatnya di hari kerja mau ndak mau rotinya harus segera mateng πŸ˜€ …dan karena waktu sudah siang jadi adonan yang sudah mengalami 30 menit fermentasi kali kedua aku masukkan oven…hehehe…jadi sebenarnya pas itu ngembang kurang maksimal tapi karena waktu jadi aku paksa masuk oven πŸ˜€ …mungkin kalo ditunggu sekitar setengah jam lagi provingnya akan lebih bagus…

kayaknya perjuangan belum berakhir….hehehe…kayaknya harus dicoba lagi dan kayaknya waktu liburan lah yang cocok membuat roti ini…

oiya masalah topping dulu aku pernah bilang kalo membuat toppingnya bisa dicicil sebelumnya dan disimpan di kulkas biar nambah ringan pekerjaan…kayaknya ini masih tetap berlaku…topping masih bisa dikerjakan sebelumnya tapi sesaat sebelum pemberian topping lebih baik dikeluarkan dari kulkas biar teksturnya ndak telalu keras sehingga pada saat disemprotkan ke atas roti bisa lebih lumer dan mudah disemprotkan…karena topping ini teksturnya begitu dimasukkin kulkas agak lama dikit sudah mulai mengeras πŸ™‚

meskipun berakhir setengah sukses…tapi aku senang melalui prosesnya…bukankah di setiap kegagalan ada pelajaran berharga bukankah begitu teman-teman…cieee ciee menghibur diri πŸ˜€

demikian cerita roti boy kali ini dan semoga aku bisa membuat edisi suksesnya….aamiin…hehehe

====Jumat, 08082014 04:44 @ km 31,5====

Bakpia Kacang Hijau

Ternyata membuat bakpia itu tidak serumit yang kita bayangkan lho teman-teman…dan bahannya pun insya Allah mudah di dapat…hayukkkk bikin bakpia sendiri…

Resep bakpia ini dari mbak diah didi … dan resep ini sudah di share juga sama mbak-mbak yang lain jadi insya Allah soal rasa sudah banyak yang cocok…terimakasih mbak diah πŸ™‚

aku sudah beberapa kali mencoba resep ini dan alhamdulillah semakin kesini hasilnya semakin membaik πŸ˜€ … dan berikut resepnya aku copas dari blog mbak diah didi

bakpia edit

Bakpia Pathuk

Bahan2 kulit lapisan pertama :

  • Tepung terigu protein sedang 125 gram
  • Tepung terigu protein tinggi 65 gram
  • Gula pasir 2 sendok makan
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Air kurang lebih 100 ml
  • Minyak sayur 200 ml ( kurang lebih 50 ml untuk adonan, sisanya untuk merendam )

Bahan lapisan kulit kedua :

  • Tepung terigu protein sedang 65 gram
  • Minyak sayur 25 ml
  • Margarin 1/2 sendok makan

Cara membuatΒ  :

  1. Bahan lapisan ke 2 : campur semua bahan, aduk rata dan sisihkan.
  2. Bahan kulit lapisan pertama : Panaskan air, masukkan gula. Aduk hingga rata dan gula larut (dinginkan). Campur terigu dan garam. Tuangi air larutan gula lalu uleni hingga rata.
  3. Tuang minyak sayur , kira2 aja 50 ml, jika sudah kalis..tidak usah dihabiskan minyaknya,Β  uleni hingga adonan kalis.
  4. Ambil adonan seberat kurang lebih 15 gram atau sesuai selera. Tipiskan adonan, ambil sedikit adonan lapisan kedua. Ratakan pada permukaan adonan secara merata.
  5. Lipat seperti amplop lalu satukan ujung-ujungnya ( bulatkan ).
  6. Masukkan bulatan adonan dalam sisa minyak, diamkan selama 15 menit. (jangan kelebihan ya waktunya..nanti hasil kulitnya jadi terlalu renyah kalau kelamaan di rendam )
  7. Pipihkan adonan sampai agak tipis, isi dengan adonan isi. Betuk bulat pipih, panggang sampai matang, kurang lebih 10 menit , balik, panggang lagi sebentar sampai matang semua sisinya.

 

dan Resep kumbu kacang hijaunya aku memakai resep mbak diah yang ini tapi sebenarnya kalau membuat kumbu ini aku biasanya main kira-kira aja soalnya kalo masih bisa ditambah dan dikurangi alias diicipin biasanya aku kurang tertib masalah takaran…hehehe…kayaknya ini kebiasaan kurang baik ya teman-teman πŸ˜€

Bahan isi :

  • 250 gr kacang hijau kupas, rendam dalam air sekitar 10 jam, kukus sampai matang
  • 500 ml santan
  • 1/2 sdt garam
  • 100 gram gula pasir
  • 1 lembar daun pandan
  • 1 sdt vanili (optional)

Cara membuat

Isi :

Haluskan kacang hijau lalu masak bersama semua bahan isi sampai kalis (sebaiknya masaknya menggunakan teflon biar ndak mudah gosong), dan janga lupa koreksi rasa demi mendapat rasa yang pas.

 

demikian cerita tentang bakpianya semoga bermanfaat πŸ™‚

 

====Rabu, 06082014 06:38 @ km 31,5====