Cireng Enak dan Mudah

Sebelum memasuki bulan Ramadhan kemarin sempat beli cireng pas ke jogja…ternyata cireng original yang dijual itu kalo pas masih anget teksturnya reyah diluar, empuk dan kalo ditarik mudah ndak alot sampai-sampai warnanya kelihatan bening dan tentunya rasanya enak, sempat penasaran ini pake tepung apa y…kalo pake tapioka kok ndak alot dan tekstur luarnya bisa renyah…

cireng enakkk

Alhamdulillah penasaran terbayar tiba-tiba pas buka tabloid kuliner ada Liputan tentang cireng yang disertai resepnya, dan karena penasaran dan kayaknya resepnya patut dicoba…jadi deh percobaan dilakukan…dan alhamdulillah rasanya memang sudah mirip yang dijual tapi punyaku warnanya kurang bening dalamnya tapi kalo tekstur insya Allah sudah mirip…kalo warna kurang bening mungkin karena jenis tepung tapioka yang dipake berbeda udah gitu aku pake tambahan bumbu serba guna yang warnanya orange…jadi warnanya kurang bening…

dan ada sayangnya lagi…sayangnya saking semangatnya aku lupa kasih bawang putih…hahaha…udah gitu kayaknya ngaduknya kurang rata jadi kata ayah kembar pernah kebagian yang kurang asin πŸ˜€ …

Resep asli dari tabloid Info Kuliner dan resep ini dari Pengusaha Cireng Meilan’s Shop…karena di tabloid tertulis tepungnya 500 gram…maka ada perubahan sedikit dalam resep yang kucoba…

dan berikut resep sesuai dengan resep yang kucoba…

Bahan :

  • 200 gram tepung tapioka
  • 1 siung bawang putih yang besar (yg ini kemarin kelupaan πŸ˜€ )
  • 1 batang daun bawang dirajang kecil
  • 1 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 200 ml air mendidih

Cara membuat :

  1. campurkan tepung tapioka dengan semua bahan kecuali air, aduk sampai rata.
  2. tuangi dengan air mendidih sedikit demi sedikit sambil diaduk terus menggunakan sendok sampai adonan kental.
  3. ambil sekitar satu sendok makan adonan, pulung-pulug adonan dengan bantuan sendok yang lain (menggunakan dua buah sendok). Taruh diatas tepung tapioka balut hingga rata dan tidak lengket.
  4. dan adonan siap di goreng atau bisa disimpan di freezer untuk cireng frozen.
  5. goreng sampai matang dan cireg siap disajikan.

Hasil : 14 buah cireng berukuran sedang (seperti cireng yang dijual dipasaran)

pas aku nyoba cirengnya tak masukin freezer dulu karena sambil nunggu waktu berbuka dan kayaknya digoreng langsung juga enak πŸ™‚

demikian teman-teman resepnya cirengnya semoga bermanfaat… πŸ™‚

====Sabtu, 05072014 06:07 @ km 31,5====

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s