Pisang Bolen Coklat Keju

sudah agak lama pengen bikin bolen ini secara ayah kembar sudah request…hehehe…tapi kayaknya dilihat dari tampilan tidak semudah itu membuatnya πŸ˜€ …jadi seperti keinginan yang terpendam πŸ˜€ …tapi alhamdulillah dipertemukan dengan Resep mbak vero yang kalo lihat gambarnya pengen makan aja itu foto πŸ˜€ …dan ternyata mbak vero dapat resep dari mbak hesti…melihat bolen punya mbak Hesti Saifuddin dan mbak Veronica Dhani jadi ngiler makanya diniatin bikin kue ini apalagi lihat resepnya tidak serumit yang kubayangkan…

Pisang Bolen Lumayan

sebenarnya ini adalah percobaan kedua, percobaan pertama lumayan enak tapi masih kurang rapi dan gosong dimana2 πŸ˜€ …jadi penasaran karena masih ada sisa korsvet akhirnya bikin lagi dan alhamdulillah rasanya enak dan tampilannya lumayan tapi masing gosong dimana2 πŸ˜€ …kayaknya harus ada percobaan lagi sampai gosong benar2 hilang dari peredaran πŸ˜€

terimakasih mbak vero dan mbak hesti yang udah share resepnya, dan ijin share ya mbak…terimakasih mbak hesti dan mbak vero yang baik, dan berikut linknya teman-teman…Β 

http://hesti-myworkofart.blogspot.com/2011/01/molen-pisang-keju.html

http://catatandapurnyavero.blogspot.com/2014/05/pisang-bolen-cokelat-keju.html

dan berikut disini aku copas resepnya :

PISANG BOLEN
Bahan :
– 250 gr tepung terigu protein sedang
– 30 gr gula pasir
– 2 kuning telur
– 1 sdm margarin / butter
– 100 ml air es ( kurang lebih )
– 125 gr korsvet
– 1/2 sdt garam

Filling :
– Pisang raja yang matang sekali, kukus dan potong-potong
– Keju potong-potong
– Gula pasir bisa diganti susu kental manis
– Coklat blok potong-potong

Cara membuat :

  1. Kulit Pastri : Camput terigu, gula dan garam. Aduk rata. Tambahkan kuning telur dan air sambil diuleni ringan asal rata. Tambahkan margarin / butter. Aduk sampai kalis. Tidak perlu sampai elastis. Siman di kulkas sekitar 15 menit.
  2. Keluarkan dari kuklas. Giling membentuk persegi panjang. Isi dengan korsvet 2/3nya. Tutup dari bagian yang tidak terkena korsvet ke tengah, lalu lipat lagi. Giling lagi. Lipat lagi seperti tadi. Lakukan sampai 4x. Simpan lagi di dalam kulkas selama 15 menit.
  3. Kalu adonan mulai terlalu lembek atau susah padat saat dikerjakan, letakkan dalam kulkas terlebih dahulu.
  4. Giling tipis adonan. Potong kotak-kotak. Taburi tengahnya dengan gula pasir atau susu kental manis sedikit. Beri isian pisang yang diselipi keju ditengahnya dan beri coklat. Beri sedikit gula lagi. Lipat seperti amplop hingga tertutup rapat. Oles dengan kuning telur yang dicampur madu. (olesan sy kuning telur+mentega)
  5. Simpan di loyang yang sudah dialas kertas roti tanpa dioles margarin. Beri jarak untuk pastri mengembang. Panggang dengan suhu 180’c sampai mulai kekuningan. Turunkan panas hinga 160’c. Panggang hingga berwarna cokelat keemasan. (atau sesuai oven masing-masing)

Β 

Iklan

Pizza Lombok Ijo

mau bikin pizza tapi ndak punya paprika, dan karena di gunungkidul ini lombok ijo berlimpah jadi nyoba bikin sama lombok ijo…ehhh ternyata enakkk pedesnya lebih terasa…kayaknya aku telat ngerti deh πŸ˜€
Alhamdulillah resep yang ini rasanya enak rotinya empuk dan bisa berpori dan alhamdulillah aku pas ngovennya….maksudnya biasanya aku suka gosong kalo ndak gitu kurang matang πŸ˜€
Pizza lombok ijo_edit

Resep asli dari mbak ricke tapi karena sukanya rotinya agak tebal…biar cepet kenyang πŸ˜€ jadi ada penambahan komposisinya….

sebelum bikin kulit kita bikin sausnya dulu ya…kalo sausnya ini sesuai selera aja…dan yg ini adalah sesuai seleraku …jadi bisa jadi seleraku berbeda dgn teman2

Buat mbak Wiwin Widiastuti terimakasih tips-tipsnya

Resep saus :

  • pasta tomat (sy 1 kaleng pasta)
  • 2 sdm saos tomat
  • buah bawang bombay, cincang
  • buah bawang putih. cicang halus
  • buah tomat potong2 dadu kecil
  • 2 sdm minyak zaitun
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 sdt oregano
  • 1 sdt daun basil
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdm gula pasir


Cara membuat saus pizza :

  1. tumis bawang putih dan bawang bombai sampai harum menggunakan minyak zaitun.
  2. masukkan tomat, pasta tomat, dan saus tomat dan masukkan bumbu2 lainnya aduk2 hingga kental dan koreksi rasanya.


Topping juga sesuai selera kita, kemarin aku menggunakan :

  • sosis
  • jagung manis
  • lombok ijo
  • keju mozarella
  • keju cheddar

Resep kulit pizzanya berikut teman-teman…

Sumber : Ricke Indriani
Modif : Lupna Diana

  • 175 gram terigu protein tinggi
  • 75 gram terigu protein sedang
  • 1 sdt ragi instant
  • 125 ml air hangat
  • 1/2 sdm gula pasir
  • 2 sdm minyak zaitun
  • 1/2 sdt garam

Cara membuat dough:

  1. Campurkan ragi instant, gula pasir dan 75 ml air hangat. Biarkan sekitar 10 menit hingga terlihat berbusa.
  2. Campurkan tepung terigu, buat lubang di tengahnya. Tuang air ragi di tengah terigu sambil diaduk rata dengan tangan.
  3. Tambahkan sisa air sedikit demi sedikit, tambahkan minyak zaitun, uleni hingga rata setengah kalis. Masukkan garam. Uleni lagi hingga kalis dan adonan licin.
  4. karena adonan tidak memakai telur dan margarin jadi adonan terasa agak sedikit liat tapi kalo dirasa terlalu liat bisa ditambahkan sedikit air sampai adonan terasa pas.
  5. Bulatkan adonan, tempatkan dalam wadah yg dioles minyak. Tutup dengan plastik wrap atau serbet. Biarkan 45 menit-1 jam hingga mengembang 2x lipat.
  6. Panaskan oven 200’C. (ovenku otang jadi aku besarin aja kompornya )
  7. Tipiskan dough sampai ketebalan sekitar 0,5 cm. Letakkan di loyang tipis yang sudah dioles minyak. Tarik dari tengah ke bagian pinggirnya, bentuk sesuai selera.
  8. tusuk-tusuk adonan dengan garpu, oven adonan sampai setengah matang (sekitar 5 menit) keluarkan dari oven.
  9. Oles saus sampai merata. taburi keju cheddar, tata sosis, jagung manis dan lombok ijo, dan taburi dengan keju mozarella.
  10. Panggang 10-15 menit sampai keju meleleh dan terlihat agak meletup-letup dan pinggiran pizza sudah berwarna kuning sedikit kecoklatan.
  11. Angkat dan sajikan hangat dengan saus sambal/saus tomat botolan sesuai selera.

semoga bermanfaat πŸ™‚

Cara Bikang

Alhamdulillah akhirnya bisa juga bikin kue ini…rasanya seneng banget kayak dikasih uang buaanyak πŸ˜€ …ini adalah praktek yang kedua cara bikang yang pertama ceritanya setengah sukses πŸ˜€ makanya penasaran dan alhamdulillah cara bikang yang kedua ini rasanya gurih, empuk tapi agak gosong sedikit πŸ˜€ …huehehe…kayaknya harus dicoba lagi sampai ndak gosong πŸ˜€


cara-bikang-enakkkk

aku dapet Resep NCC ini dari mbak Veronica Dhani…terimakasih ya mbak…ijin share ya mbak…maturnuwun mbak vero

ini link blognya mbak vero ya teman2
http://catatandapurnyavero.blogspot.com/2014/03/carabikang-ncc.html

Berikut resepnya tapi aku cuma membuat setengah resep..

CARABIKANG

source : Ibu Fatma Bahalwan

Bahan :

  • 450 gr tepung beras (sy 225 gr)
  • 250 ml air (sy 125 ml)
  • 300 gr gula pasir (sy 125 gr)
  • 600 ml santan panas (sy 325 ml + 1/2 sdt garam + 3 lembar daun pandan)
  • 1 sdt garam (sy langsung dimasak bersamaan santan)


Cara membuat :

  1. Masak gula pasir dan air hingga gula larut, dinginkan.
  2. Taruh tepung beras dalam wadah, lalu tuangi air gula, aduk hingga rata ( menggunakan mixer speed rendah ) tuang santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dan ditepuk-tepuk selama kurang lebih 30 menit ( dapat menggunakan mixer kecepatan sedang ) –> sy menggunakan whisker
  3. Ambil sedikit adonan dan bagi menjadi 2 beri pewarna sesuai selera.
  4. Panaskan cetakan carabikang. olesi dengan minyak sedikit saja. Tuang adonan putih hingga 3/4 penuh. Beri adonan warna masing-masing 1 sdt. Biarkan matang dan berlubang-lubang,
  5. angkat dengan cara mencukil dari bagian bawah sedemikian rupa sehingga carabikang mekar terbalik.


Catatan :
sebelum diangkat carabikang atasnya saya tambahin santan kental yang diberi sedikit garam, dioles-oles. Rasanya lebih gurih.

semoga bermanfaat πŸ™‚

Coffe Bun aka Roti Boy

Sudah lama pengen nyoba bikin roti ini, alhamdulillah kesampaian juga dan alhamdulillah juga rasanya lumayan…sebelum membuat rasanya tampak ribet tapi ternyata setelah dibuat tidak seribet yang dibayangkan..dan setengah lihat hasilnya mau lagi dan lagi πŸ˜€

Roti Boy pertama

sebenarnya membuat roti ini seperti membuat roti yang lainnya perbedaannya adalah pemberian topping kopi di atasnya…mungkin topping kopinya bisa dicicil lalu disimpan di kulkas biar kesannya ndak terlalu ribet…atau bisa juga dikerjakan pararel bersamaan fermentasi berlangsung…

meski belum sempurna alhamdulillah rasanya enak dan rotinya empuk…aku kemarin menggunakan kopi susu jadi warna topping kurang gelap dan aroma kopinya kurang kuat…tapi aromanya juga sudah keluar meski ndak terlalu kuat…

Resep ini dari mbak Hesti Saifuddin makasih mbak hesti…ijin share ya mbak

resepnya mbak hesti ada disini teman2 :
http://hesti-myworkofart.blogspot.com/2012/01/coffee-bun-roti-sobek-pizza-dan-roti.html

Berikut resepnya aku membuat setengah resep dari resepnya mbak hesti :

Bahan roti:

  • Β  200 gr terigu protein tinggi (cakra)
  • Β  100 gr terigu protein sedang (segitiga biru)
  • Β  60 gr gula pasir
  • Β  Β½ sachet ragi instan
  • Β  1 sdm susu bubuk
  • Β  2 kuning telur
  • Β  Β½ sdt garam halus
  • Β  40 gr margarin
  • Β  150 ml air hangat

Bahan isi :

  • Β  butter salted secukupnya, bekukan lalu bagi menjadi 10 kubus kecil (sekitar 5 gr each)

Topping kopi :

  • 50 gr butter
  • 40 gr gula halus
  • Β 38 gr telur kocok
  • Β 1 sdt kopi instant dilarutkan dengan 1 sdt air hangat
  • Β sejumput bubuk kayu manis powder (optional) (aku ndak pake)
  • Β 50 gr tepung terigu (aku pake protein rendah)

Cara membuat :

  1. Masukkan ragi instan ke dalam 75 ml air hangat. Tambahkan 1/2 sdt gula pasir, aduk rata dan biarkan selama 15 menit.
  2. Campur semua bahan kering seperti terigu, gula, susu bubuk ke dalam wadah. Aduk rata.
  3. Masukkan kuning telur dan cairan ragi sambil aduk hingga rata kemudian masukkan sisa air sedikit demi sedikit hingga kalis.
  4. Kemudian masukkan margarin dan garam dan uleni sampai kalis elastis.
  5. Fermentasikan selama kurang lebih 30 menit dengan ditutup dengan kain lembab dan diletakkan di tempat yang bersuasana hangat (kalo aku taruh di deketnya ricecooker).
  6. Setelah mengembang 2x lipat kempeskan adonan, timbang masing-masing 50 gr.
  7. Ambil satu bagian adonan, beri isi potongan butter yang sudah dibekukan, tutup rapat bentuk bulat jangan sampai bocor. Letakkan dalam loyang bersemir margarin.
  8. Fermentasikan kembali selama kurang lebih 45 menit atau mengembang 2x lipat.
  9. Topping kopi : kocok mentega dan gula halus sampai lembut. Tambahkan telur lalu larutan kopi. Kocok rata. Masukkan tepung terigu dan sedikit bubuk kayu manis. Masukkan dalam piping bag dan simpan dalam kulkas.
  10. Setelah roti boy mengembang, semprotkan bahan topping di atasnya melingkar rapat seperti obat nyamuk dimulai dari atas ke bawah. Panggang dengan suhu 200 C selama kurang lebih 12 menit sampai matang. (karena aku menggunakangan otang jadi asal kompornya tak besarin aja πŸ˜€ …tap waktunya juga hampir segitu sekitar 12-15 menit)
  11. Setelah dingin sisihkan sisanya dan simpan dalam wadah kedap udara. Taruh di kulkas, pada saat akan disajikan panaskan dulu dengan api tinggi 200 C (oven udah dipanaskan terlebih dahulu) selama sekitar 5-7 menit, roti akan lembut kembali dan toppingnya garing kembali. (yang ini belum aku coba soalnya rotinya keburu habis )

demikian teman-teman semoga bermanfaat πŸ™‚

Cireng Krispi

Pengen bikin sesuatu tapi yang bikinnya cepet dan semuanya suka…hmmm…bikin apa ya…tiba-tiba kepikiran resep cireng mbak fa yang aku ingin coba tapi belum dicoba-coba πŸ˜€

Cireng

alhamdulillah bikinnya cepet beneran dan habisnya juga cepet:D…mungkin bikinnya kurang banyak πŸ˜€

sampe-sampe si kembar jatahnya ndak mau diminta ayah bunda πŸ˜€

resep cireng NCC ini dari mbak Fah Umi Yasmin…makasih mbak fa sudah share resepnya

Cireng ala Dapur Larisa

Modif : Fah Umi Yasmin

Bahan biang:

2 sdm munjung sagu tani / kanji
1 sdm munjung terigu
100 ml air matang
1 helai daun bawang diiris kelupaan }
1/4 sdt lada
1/2 sdt kaldu bubuk { saya pake 1/4 }
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula tambahan dari mbak fa
1 siung bawang putih dihaluskan

2 sdm sagu / kanji untuk membalut adonan cireng

Cara membuat:

Adonan Biang

Campur sagu & terigu, air aduk rata sampai licin, masukkan bumbu2, jerang / masak diatas kompor, aduk terus sampai menjadi lem.

Ambil adonan cireng, balut rata dengan sagu / kanji, sambil bentuk agak kriting2 / kriwil2.

Oya, pulungannya jangan terlalu tipis nanti jadi terlalu berminyak.

Goreng di minyak panas, dengan api sedang sampai matang.

Rangin Gulung

Rangin ini makanan kesukaanku pas di malang…kok semua makanan kesukaan…berarti emang suka makan πŸ˜€ … udah gitu harganya murah lagi πŸ˜€ .. dulu beli seribu dan dapet sate tangkep yg isinya sekitar sepuluh rangin kecil…rasanya enak gurih dan manis…
dan kemarin pas mampir toko buku kok ada resep rangin ini jadi pengen beli deh bukunya…alhamdulillah bukunya ndak mahal πŸ˜€
Rangin Gulung

 

Rangin gulung…kenapa kok digulung karena belum punya cetakannya dan pakailah teflon dan digulung…tapi rasanya rangin beneran lho teman2

orang malang bilang kue ini rangin tapi di buku resep yang kubaca namanya bandros asin…ternyata bikinnya mudah lho cuma diaduk dan di panggang selesai deh…coba yukss…berikut resepnya :

Sumber : Resep jajanan pasar paling laris
Penulis : Afin Murtie dan Asri Andarini

Bahan :
– 50 gram tepung beras
– 100 gram tepung terigu
– 150 gram kelapa muda parut kasar
– 300 ml santan
– 200 ml air (sy 500 ml santan ndak pake air)
– 1 sdt garam
– 1 sdm gula pasir (tambahan dari saya)

Cara membuat :
– campurkan tepung terigu, tepung beras, garam, dan gula, aduk sampai rata
– tambahkan kelapa parut
– masukkan santan sedikit demi sedikit jika adonan dirasa sudah pas hentikan penambahan santan
– aduk sampai rata
– panaskan cetakan
– tuang adonan ke dalam cetakan dan tutup cetakan
– panggang sampai kulitnya kering
– angkat dan taburi gula halus bila suka
– rangin siap disajikan

 

demikian teman-teman resepnya semoga bermanfaat πŸ™‚