Bakpao

Kemarin jumat tanggal 9 Mei nyoba ngisi snack di kantor lagi, menunya adalah bakpao isi kacang hijau. Tampilannya masih kurang cantik alias kurang mulus tapi katanya teman-teman enak…alhamdulillah πŸ™‚ …jadi lega rasanya πŸ˜€ …

Bakpao Isi Kacang Hijau

Bakpao Isi Kacang Hijau

Sebenarnya sebelumnya dah nyoba bikin setengah resep dan hasilnya alhamdulillah sudah lumayan cantik tapi sayang ndak difoto 😦 …jadi ndak ada buktinya πŸ˜€ …nah kemarin pas ngisi buat kantor kan bikinnya agak banyak…nah karena banyak mungkin ngadonnya kurang lama jadi adonan kurang mulus…berarti pelajarannya adalah kalo bikin agak banyak waktu ngadonin harus ditambah…alhamdulillah dapet pelajaran baru πŸ™‚

Resep asli dari Ibu Fatma Bahalwan dan sudah dimodif sama mbak Fah Umi Yasmin …terimakasih mbak fa sudah share resepnya…

untuk resep isi sama sama dengan resep isi onde-onde yang sebelumya udah tak posting dan berikut resepnya kulitnya…semoga bermanfaat

Bahan A:

  • 400 gr tepung terigu protein rendah
  • 100 gr tepung Tang Mien { saya ganti trigu protein sedang}
  • 11 gr ragi instan { 1 sdm }
  • 25 gr susu bubuk { 2 sdm }
  • 100 gr gula halus { 3 sdm }
  • 5 gr Baking Powder { 1/4 sdt BPDA }

Bahan B:

  • 275 ml air dingin { putih telor 1 & sisanya air }

Bahan C :

  • 70 gr mentega putih { pake 40gr bluband, 30gr minyak goreng }
  • 5 gr garam halus { 1/2 sdt }

Cara membuat:

  1. Campur bahan A, aduk rata.
  2. Masukkan putih telur dan tuangi air sedikit demi sedikit sampai adonan terasa pas, uleni hingga setengah kalis.
  3. Beri bahan C, tapi minyak masukkan duluan, baru margarin, terahir garam, uleni terus hingga kalis elastis.
  4. Istirahatkan selama 30 menit.
  5. Timbang adonan 35gr, bulatkan hingga licin.
  6. Tipiskan adonan, beri bahan isi, bulatkan atau bentuk sesuai selera. Istirahatkan lagi selama. 20 menit hingga mengembang ringan.
  7. Kukus Bakpao 10 menit hingga matang.

pas nyoba bikin setengah resep jadinya 12 bakpao ukurang sedang.

====Sabtu, 10052014 07:31 @ km 31,5====

Bento Bus Lenny

Setelah seminggu yang lalu dibikinkan bento si kembar jadi request bento dengan karakter Bus Tayo favorit mereka, berhubung bus tayo warnanya biru dan bunda belum bisa mewarna biru πŸ˜€ jadi bunda nego sama si kembar πŸ˜€ …bagaimana kalo bentonya gambar Bus Lenny aja temennya Tayo…kan warnanya Lenny kuning…hehehe…dan alhamdulillah mereka setuju πŸ˜€

sebenarnya rencanaya bikinnya mulai kamis kemarin pas ada tanggal merah tapi ternyata kesampaiannya hari ini, hari ini pun rencananya pagi eh terlaksananya malam πŸ˜€ …padahal pas sarapan pagi si kembar sudah tanya mana Lenny nya :D…ya sudah buat makan malam aja ya sayang…hehehe

pas nyetak nasi si kembar ikut nyemil-nyemil nasinya…hehehe…bentar sayang belum jadi πŸ˜€ …setelah mereka menunggu sambil lihat serial bus tayo sama ayah alhamdulillah si lenny jadi juga…tapi ndak tahu y…sudah mirip apa belum πŸ˜€

Bento Lenny

Si lenny ini adalah bento nasi kuning dengan lauk tumis sayur buncis, wortel dan daun kol, ditambah sambal goreng kentang dan telur dadar, dan sebagai aksesoris ada brokoli danΒ  wortel di rebus kemudian di rendam di air dingin, dan daun slada…sedangkan untuk menghias bus lenny, aku menggunakan nori dan putih telur yang dikukus. Alhamdulillah kapan hari ke indomaret ketemu nori mamasuka..rasanya enak lho ndak terlalu amis dan ada label halalnya lagi…eh ini bukan promosi ya πŸ˜€Β  …dan aku membentuknya mata dan lain-lain cuma pake gunting makanya bentuknya bukan bulat tapi ndak beraturan πŸ˜€

dan reaksi si kembar setelah jadi mereka senang lihat bentuknya senyum-senyum dan pengen segera nyomot…tapi kenapa mesti makannya ga sampai habis y…hikss…untuk menghabiskan masih harus disuapin…apa karena sudah nyemil-nyemil nasi duluan…atau mungkin si kembar ini belum biasa menghabiskan makanannya sendiri…pernah sih makan sendiri habis tapi masih jarang…lho kok jadi curhat πŸ˜€ …

mungkin sekian dulu cerita tentang Si Lenny ini…mudah-mudahan akan ada bento-bento berikutnya dengan bentuk yang lebih lucu dan menarik, dan semoga si kembar juga bisa menghabiskan makannya sendiri…aamiin…dan terimakasih buat ayah atas support dan dukungannya…i luv u ayah dan kembar πŸ™‚

====Sabtu, 03052014 22:20 @ km 31,5====