Puding Lapis Coklat Part I

Sudah beberapa kali bikin puding (sekitar 3 kali) dan setelah sekian lama pengen banget bikin puding, akhirnya kesampaian juga bikin puding dengan berbeda warna. Puding yang pertama kubuat adalah puding coklat bikinnya pas puasa 1434 H (2013), waktu itu untuk kudapan berbuka, dan Alhamdulillah puding pertamaku hasilnya lumayan enak dan dari segi tekstur juga lumayan.

Image

Proses pembuatan puding berjalan ke puding berikutnya sambil mencoba mengurangi jumlah putih telur sampai mendapat tekstur yang diinginkan dan menambah coklat pasta pada adonan demi mendapat warna coklat pekat pada puding, dan hasil percobaan lumayan setelah putih telur dikurangi tekstur sudah mendekati yang diinginkan dan penambahan pasta coklat juga lumayan meski warna yang dihasilkan belum terlalu pekat…padahal pasta coklat sudah ditambah lumayan banyak…tapi takut kebanyakan juga ngasih pastanya…takut ada efek negativ…maklum tukang masak pemula…ilmunya masih belum banyak…hihihi…

Setelah mendapat tekstur dan warna yang cukup lumayan…akhirnya pengen banget membuat puding dengan berbeda warna…dan alhamdulillah kemarin tanggal 24 September 2013 kesampaian juga 😀 .

Image

Setelah pulang kerja langsung mampir ke koperasi bermaksud mencari jelly bubuk yang warna coklat untuk topping mozaiknya, tapi ternyata habis, jadinya akhirnya mampir ke toko terdekat dan jelly coklat ga ada juga, akhirnya pake agar-agar coklat deh…hehehe

Setelah mendapat agar-agar coklat langsung eksekusi bikin agar coklat sedikit dan dibekukan di kulkas, dan setelah magrib lanjut bikin puding lapis…sambil ditemani kembar yang lagi maem disupain ayah…terima kasih ayah sudah membantu proses kelancaran membuat puding ….huehehe 😀 .

dan berikut resepnya :

Bahan A :

  • Agar-agar coklat ½ bungkus
  • Susu cair 150 ml (pas nyoba pake 1 gulas nuvo)
  • Gula pasir 1 sdm
  • Pasta coklat 1  sdt

Bahan B :

  • Agar-agar putih 1 bungkus
  • Susu 500 ml (percobaan kali ini make susu dancow 2 sachet + 500 ml)
  • Gula pasir 7 sdm
  • Kuning telur 1 butik kocok
  • Sisa agar-agar coklat ½ bungkus

Bahan C :

  • Dark chocolate 30 gram dipotong-potong
  • Putih telur 1 butir, kocok hingga berbusa
  • Coklat pasta 1 sdm

Cara Membuat :

  1. Campur Bahan A jadi satu, masak dan dinginkan hingga beku, dan dipotong-potong bentuk mozaik atau segitiga.
  2. Campur semua Bahan B kecuali kuning telur, masak dan aduk panas, setelah kelihatan panas ambil satu sendok sayur adonan dan masukkan ke kuning telur dan aduk, kemudian campuran kuning telur masukkan ke dalam adonan agar-agar aduk hingga mendidih.
  3. Masukkan puding potongan mozaik ke dalam cetakan puding, setelah itu tuang adonan panas ke dalam cetakan (1/2 adonan). Tunggu  hingga dingin dan atasnya mengeras. Untuk mempercepat proses pendinginan masukkan cetakkan puding ke dalam air (direndam).
  4. Setelah agak mengeras, masukkan Bahan C ke dalam setengah adonan yang belum dituang (kecuali putih telur tidak dituang). Setelah ditambah coklat dan pasta coklat panaskan kembali adonan supaya bisa melekat dengan baik ke adonan yang sudah dituang (panas hingga mendidih) setelah itu masukkan secara perlahan adonan panas ke dalam putih telur kocok dan sambil kocok perlahan hingga adonan menyatu dan tidak terdapat gumpalan.
  5. Setelah adonan kelihatan sudah tidak ada gumpalan masukkan adonan panas ke dalam cetakan puding.
  6. Dinginkan dan simpan ke dalam lemari es, tunggu hingga beku dan puding siap dihidangkan.

Secara umum puding terasa enak dan tampilan menarik tapi agak keras sedikit…hehehe, mungkin agar-agarnya bisa pake satu bungkus untuk dipake di bahan A dan B sehingga tekstur tidak terlalu keras.

dan yang paling penting ayah dan kembar suka dengan pudingnya…alhamdulillah… dan semoga akan berlanjut ke Part II dan hasilnya lebih baik lagi dan semoga kembar dan ayah makin suka lagi…aamiin…

====10102013 16:32 @ km 31,5====

Tinggalkan komentar